Kompas.com - 15/10/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi saham PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi saham

BANDUNG, KOMPAS.com - Saham teknologi diproyeksikan akan meningkat pesat dalam beberapa tahun. kondisi tersebut tidak terlepas dari fenomena digitalisasi bisnis yang terjadi beberapa tahun terakhir.

Praktisi Pasar Modal, Erman Sumirat mengatakan, efisiensi sumber daya manusia kian tergeser oleh teknologi. Kondisi ini yang memicu saham teknologi kian diminati investor di pasar modal.

"Digitalisasi bisnis salah satu prioritas industri, di mana efisiensi kinerja teknologi digital sudah banyak dilakukan saat ini," ujar Erman, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: BEI: Antusias Masyarakat Sangat Tinggi, Jumlah Investor Saham Bikin Rekor Baru

Saat ini, kata dia, bursa saham sudah menyentuh angka Rp 6.500 triliun. Dari berbagai sektor usaha, saham teknologi menjadi emiten paling unggul.

Bisa dibilang, sektor teknologi hingga kini menjadi primadona. Dalam webinar Paradigma Keuangan dan Pasar Modal Ekosistem Industri Digital, Erman mengungkapkan, perusahaan yang memimpin kapitalisasi market pada 2008 rata-rata bergerak di sektor minyak dan gas (migas).

"Pada 2021 dari 10 perusahaan besar di dunia, sebanyak 7 perusahaan bergerak di sektor teknologi," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kontribusi bisnis digitali Indonesia diproyeksikan akan tembus 124 miliar dollar AS dari total 300 miliar dollar AS pada 2025 di Asia Tenggara.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Stock Split Saham dan Dampaknya Bagi Investor

Selain itu, ada lima sektor bisnis yang diperkirakan mengalami pertumbuhan sangat pesat beberapa tahun ke depan antara lain e-commerce, media massa, transportasi, travel, dan financial services.

"Sebagai contoh, telemedicine ini ramai sekali. Di Indonesia terwakili HaloDoc, sudah jadi unicorn. Bahkan bulan lalu, jumlah klik lebih banyak dari Gojek sebagai perusahaan induknya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.