Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prudential Jalankan Program Literasi Keuangan untuk Berbagai Komunitas

Kompas.com - 26/10/2021, 17:18 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) melalukan pelatihan literasi keuangan kepada kelompok perempuan, anak, komunitas ekonomi syariah, dan UMKM.

Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia Indrijati Rahayoe menyebutkan, indeks inklusi keuangan Indonesia dilaporkan sudah mencapai 76,19 persen, melampaui target Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) yaitu sebesar 75 persen.

Meski demikian, kondisi ini dinilai masih belum ideal karena masyarakat menggunakan produk keuangan tanpa pemahaman yang memadai tentang pengelolaannya. Hal ini terlihat dari indeks literasi keuangan yang baru mencapai 38,03 persen.

Baca juga: Himbara: Literasi Keuangan Jadi Isu Terbesar Saat Ini

"Pemahaman keuangan harus kian ditingkatkan terutama dalam kondisi pandemi yang menyebabkan berbagai tekanan dan ketidakpastian ekonomi," ujarnya melalui keterangan pers tertulis, Selasa (26/10/2021).

Hingga September 2021, program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 41.000 perempuan Indonesia di seluruh Indonesia, dan ditargetkan untuk mencapai 50.000 perempuan pada 2022.

Kemudian, edukasi literasi keuangan untuk anak Cha-Ching, merupakan program literasi keuangan untuk anak usia 7-12 tahun yang dikembangkan oleh Prudence Foundation.

Edukasi literasi keuangan untuk komunitas ekonomi syariah dilakukan bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sejak 2014 dan hingga kini telah menjangkau hampir 28.000 masyarakat.

Terakhir, edukasi literasi keuangan untuk pelaku UMKM. Program ini ditargetkan menjangkau 800 pemilik UMKM hingga akhir tahun ini.

"Prudential Indonesia melalui berbagai program Community Investment terus melatih kemampuan pengelolaan uang bagi para perempuan, anak-anak sebagai generasi penerus, komunitas ekonomi Syariah, hingga pelaku UMKM agar mereka dapat memiliki perencanaan keuangan yang sehat dan bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com