Prudential Jalankan Program Literasi Keuangan untuk Berbagai Komunitas

Kompas.com - 26/10/2021, 17:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) melalukan pelatihan literasi keuangan kepada kelompok perempuan, anak, komunitas ekonomi syariah, dan UMKM.

Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia Indrijati Rahayoe menyebutkan, indeks inklusi keuangan Indonesia dilaporkan sudah mencapai 76,19 persen, melampaui target Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) yaitu sebesar 75 persen.

Meski demikian, kondisi ini dinilai masih belum ideal karena masyarakat menggunakan produk keuangan tanpa pemahaman yang memadai tentang pengelolaannya. Hal ini terlihat dari indeks literasi keuangan yang baru mencapai 38,03 persen.

Baca juga: Himbara: Literasi Keuangan Jadi Isu Terbesar Saat Ini

"Pemahaman keuangan harus kian ditingkatkan terutama dalam kondisi pandemi yang menyebabkan berbagai tekanan dan ketidakpastian ekonomi," ujarnya melalui keterangan pers tertulis, Selasa (26/10/2021).

Hingga September 2021, program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 41.000 perempuan Indonesia di seluruh Indonesia, dan ditargetkan untuk mencapai 50.000 perempuan pada 2022.

Kemudian, edukasi literasi keuangan untuk anak Cha-Ching, merupakan program literasi keuangan untuk anak usia 7-12 tahun yang dikembangkan oleh Prudence Foundation.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Edukasi literasi keuangan untuk komunitas ekonomi syariah dilakukan bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sejak 2014 dan hingga kini telah menjangkau hampir 28.000 masyarakat.

Terakhir, edukasi literasi keuangan untuk pelaku UMKM. Program ini ditargetkan menjangkau 800 pemilik UMKM hingga akhir tahun ini.

"Prudential Indonesia melalui berbagai program Community Investment terus melatih kemampuan pengelolaan uang bagi para perempuan, anak-anak sebagai generasi penerus, komunitas ekonomi Syariah, hingga pelaku UMKM agar mereka dapat memiliki perencanaan keuangan yang sehat dan bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.