Singapore FinTech Festival 2021 Akan Digelar Bulan Depan

Kompas.com - 27/10/2021, 18:45 WIB
Singapura menempati urutan ketiga kota paling aman di dunia dalam Safe City Index yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU). UNSPLASH/SWAPNIL BAPATSingapura menempati urutan ketiga kota paling aman di dunia dalam Safe City Index yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU).
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas keuangan Singapura, Monetary Authority of Singapore (MAS), bersama The Association of Banks in Singapore (ABS) dan didukung oleh Constellar Exhibitions, akan menghelat gelaran Singapore FinTech Festival 2021 (SFF 2021) pada 8 sampai 12 November 2021.

Chief Fintech Officer Monetary Authority of Singapore Sopnendu Mohanty mengungkapkan, festival kali ini mengambil topik utama Web 3.0, di mana para peserta dapat menghadiri berbagai konferensi, pameran, dan acara-acara industri yang akan dibawakan oleh ratusan pembicara terkemuka dan dihadiri oleh puluhan ribu peserta dari seluruh dunia.

“Singapura telah menjadi pusat pengetahuan yang penting untuk membuka kesempatan kolaborasi yang lebih luas di antara para pelaku industri fintech serta memfasilitasi kerja sama antara sektor publik dan privat di tingkat dunia,” kata Sopnendu dalam siaran pers, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Pengawasan Fintech dapat Berjalan Beriringan dengan Literasi Finansial

SFF 2021 akan secara khusus membahas tiga hal kunci yang penting bagi pengembangan ekosistem digital. Pertama, rekonfigurasi produk dan layanan finansial melalui Embedded Finance (#EmFi), decentralised finance (#DeFi), dan mata uang digital.

Kedua, integrasi aspek lingkungan, sosial, dan tata Kelola (ESG) ke dalam desain inti layanan jasa keuangan. Ketiga, adopsi infrastruktur digital yang fundamental (identitas digital, pertukaran data yang terpercaya, interoperabilitas sistem pembayaran dan sistem consent.

Adapun beberapa pembicara yang akan berpartisipasi seperti Jacinda Ardern (Perdana Menteri Selandia Baru), Uhuru Kenyatta (Presiden Kenya), François Villeroy de Galhau (Gubernur Banque de France), Bill Gates (Bill & Melinda Gates Foundation), dan Sundar Pichai (CEO Google and Alphabet).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: AFPI: Karena Pinjol Ilegal, Industri Fintech Tercoreng

Gelaran tahun ini juga akan menampilkan para pemenang MAS Global FinTech Hackcelerator, Global CBDC Challenge, FinTech Awards, dan peserta Innovation Lab Crawl. Penyelenggara SFF 2021 juga akan meluncurkan entitas bernama Elevandi, yang akan menjadi platform kolaborasi dan pengetahuan fintech global.

Elevandi nantinya bertujuan menyatukan komunitas keuangan dan fintech global dalam rangka mencari solusi atas kesulitan di dalam sektor keuangan serta menggunakan inovasi dan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan perekonomian.

Di pekan yang sama dengan gelaran SFF 2021, Enterprise Singapore juga akan mempersembahkan Singapore Week of Innovation and TeCHnology (SWITCH). Baik SFF 2021 maupun SWITCH akan menawarkan berbagai aktivitas yang menarik yang terkait dengan inovasi dan teknologi untuk komunitas fintech global.

Baca juga: Sempat Disinggung Jokowi, Ini Strategi OJK Fasilitasi Pertumbuhan Fintech

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.