Kompas.com - 28/10/2021, 06:38 WIB
Ilustrasi minyak goreng SHUTTERSTOCKIlustrasi minyak goreng

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, pemerintah akan memastikan ketersediaan minyak goreng di dalam negeri sebagai antisipasi lonjakan harga.

Dijelaskan Oke, karena harga minyak yang saat ini naik, ditakutkan akan membuat para pelaku usaha mengambil kesempatan melakukan mengekspor komoditas tersebut.

"Takutnya kalau itu terjadi minyak goreng kita akan terancam. Tapi sejauh ini kita pastikan stok minyak goreng aman, baik itu minyak curah, minyak sederhana ataupun minyak kemasan," ujar Oke saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Ini Penyebab Harga Minyak Goreng Melonjak

Untuk itu Kemendag juga sudah bersurat kepada pelaku atau produsen minyak goreng untuk memasok minyak goreng di pasar domestik. Pihaknya tidak serta merta akan langsung melakukan intervensi lantaran masih memonitor keadaan.

"Tidak serta merta langsung kita intervensi dengan harga karena nanti harga naik, diintervensi lagi (harga) turun dan berubah. Kami terus melakukan monitoring dan akan melihat sesuai dengan kondisi," ungkap Oke.

Diberitakan sebelumnya, harga minyak goreng melonjak pada akhir Oktober 2021. Lonjakan harga minyak goreng tersebut terjadi di berbagai daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengusaha yang tergabung dalam Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) mengungkapkan, kenaikan harga minyak goreng disebabkan adanya kekurangan pasokan akan minyak nabati (oils) dan minyak hewani (fats) di pasar global.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Merangkak Naik di Berbagai Daerah

 

"Pandemi ini membuat suasana lapangan produksi semua serba tak jelas. Produksi minyak nabati dan minyak hewani semua menurun dibandingkan dengan produksi di tahun sebelum adanya pandemi. Intinya, seperti hukum ekonomi, di mana antara supply dan demand terjadi kepincangan maka pasokan dunia sangat berkurang," ujar Direktur Eksekutif GIMNI Sahat Sinaga saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.