Penumpang KRL Diminta Pakai KMT untuk Hindari Antrean di Stasiun

Kompas.com - 07/11/2021, 16:14 WIB
Penumpang berada di dalam rangkaian gerbong KRL di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu (28/7/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa. Aprillio AkbarPenumpang berada di dalam rangkaian gerbong KRL di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu (28/7/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.


JAKARTA, KOMPAS.com – KAI Commuter mengajak pengguna KRL untuk menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) sebagai salah satu upaya terhindar dari antrean di stasiun.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, persiapan dan perencanaan perjalan penting terutama pada hari Senin esok.

Apalagi, awal pekan rutin menjadi hari dengan jumlah penumpang KRL terbanyak dibandingkan hari-hari lainnya.

Baca juga: Update Syarat Naik KRL untuk Orang Dewasa dan Anak-anak

“Menurut data yang tercatat, sepanjang bulan Oktober lalu total rata-rata pengguna KRL di hari Senin sebesar 404.486 pengguna,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (7/11/2021).

Data tersebut lebih tinggi 71 persen dibanding rata-rata total pengguna pada hari Minggu yaitu sebesar 237.000 pengguna.

Adapun jumlah volume pengguna KRL terbanyak pada hari Senin 25 Oktober, dengan jumlah 428.537 penumpang.

Sedangkan jumlah volume pengguna KRL terendah pada hari Minggu 17 Oktober yaitu sebanyak 224.673 penumpang.

“Dengan menggunakan KMT yang bersistem saldo, pengguna tidak perlu melakukan isi ulang kartu setiap hendak melakukan perjalanan naik KRL. Sehingga pengguna tidak perlu antre di vending machine maupun loket stasiun,” tandasnya.

Baca juga: Penumpang KRL Diminta Cek KRL Access dan Hindari Jam Sibuk

Selain untuk naik KRL, KMT juga dapat digunakan untuk membayar parkir di stasiun dan menggunakan KA Bandara serta sedang diuji coba untuk moda transportasi lain yaitu Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.

Jam sibuk KRL

Pergerakan pengguna KRL pada hari kerja terkonsentrasi pada jam-jam sibuk, yaitu pukul 06.00 – 08.00 WIB di pagi hari dan pada sore hari pukul 16.00 – 18.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.