Bank Mandiri Bakal Gunakan Rumah BUMN Jadi Coworking Space

Kompas.com - 08/11/2021, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana memperluas pemanfaatan wadah pengembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Rumah BUMN.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, Rumah BUMN merupakan wujud pengkayaan dari program Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM guna mewujudkan UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas.

“Langkah ini merupakan upaya Bank Mandiri sebagai salah satu insan BUMN untuk meningkatkan kelas bagi UMKM di Indonesia melalui empat tahapan yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global,” ujar dia, dalam keterangannya, Minggu (7/11/2021).

Baca juga: Bank Mandiri Sesuaikan Bunga Tabungan Mulai 1 Desember, Simak Daftar Lengkapnya

Lebih lanjur Rudi menyebutkan, perseroan akan terus mengembangkan pemanfaatan Rumah BUMN untuk mendongkrak pertumbuhan UMKM, salah satunya melalui fasilitasi coworking space.

"Ke depan, kami akan lebih mengaktifkan peran RB Bank Mandiri dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada UMKM agar Go Digital dan Go Global,“ katanya.

“Bukan saja untuk mitra binaan namun Rumah BUMN juga akan dimanfaatkan sebagai coworking space bagi pelaku usaha dan sarana inkubasi para alumni Wirausaha Muda Mandiri (WMM)," tambah Rudi.

Sejak Rumah BUMN diluncurkan pada tahun 2017, Bank Mandiri telah membina lebih dari 13.500 UMKM dan mendirikan 22 Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Seperti yang ada di kabupaten Kampar sampai Bintuni serta kota-kota besar lainnya yaitu Jakarta, Bogor, Semarang dan Surabaya,” kata Rudi.

Dalam pelaksanaannya, Bank Mandiri juga turut berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk mempertajam kapasitas UMKM.

“Hasilnya, sepanjang tahun 2021 Bank Mandiri lewat Rumah BUMN telah menyelenggarakan lebih dari 160 pelatihan dan pembinaan yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM setempat hingga marketplace seperti Tokopedia, Blibli dan Shopee,” ucap Rudi.

Baca juga: Naik 37 Persen, Laba Bersih Bank Mandiri Capai Rp 19,2 Triliun hingga Kuartal III 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.