Kompas.com - 08/11/2021, 12:16 WIB
Ilustrasi minuman herbal khas Indonesia. SHUTTERSTOCK/MENIGA.IDIlustrasi minuman herbal khas Indonesia.
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan menghadirkan berkah bagi sejumlah pelaku usaha mikro dan kecil (UMK), khususnya bagi pelaku usaha minuman herbal.

Bisnis minuman herbal makin "hangat" saat musim hujan. Sebab permintaan produk minuman herbal biasanya bakal melonjak.

Hal ini dirasakan oleh Sri Handayani, pemilik usaha WD Anugrah yang berbasis di Binjai, Sumatera Utara, yang memproduksi bandrek jahe merah instan.

Sri mengungkapkan, saat musim hujan seperti ini, permintaan produknya mengalami peningkatan hingga lebih dari 50 persen.

"Bagi masyarakat yang ingin merasakan nikmatnya olahan jahe hangat produk kami bisa melihat katalognya lewat medsos @bandrekjahemerah,” ujarnya melalui siaran pers Pertamina, Jakarta, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Penyaluran Kredit Perbankan Tembus Rp 5.652 Triliun Per September 2021

WD Anugrah merupakan salah satu UMK yang dibina Pertamina sejak 2020. Sebelum jadi binaan Pertamina, WD Anugrah bisa memproduksi olahan jahe 80 kg tiap bulan. Namun setelah dibina, saat ini bisa sampai 250 kg olahan jahe setiap bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Sri, Laili Damayanti juga menikmati kehangatan bisnis minuman herbal. Pemilik produk Mantu Kurma Rasa ini memadukan kurma dan jahe untuk menghasilkan minuman yang cocok disantap saat cuaca dingin.

Katalog produk Laili Damayanti bisa dilihat lewat media sosial @mantukurmarasa_pedas_kopi_jahe.

“Awalnya saya mencoba membuat kurma pedas, ternyata respons masyarakat cukup baik. Lalu saya memberanikan diri mengurus beberapa perizinan untuk mendukung usaha saya seperti PIRT, Halal, CV dll. Lalu juga menambah varian rasa seperti kurma jahe, kurma coklat, kurma kopi dan coklat kacang,” kata dia.

Baca juga: Cek, Penghasilan Tak Kena Pajak untuk Orang Lajang dan Pasangan Cerai

Pemilik produk minuman herbal lainnya yaitu Ririn Musti Wijayaningsih juga menikmati cuan dari bisnis tersebut. Pemilik UMK Ty'p Herbal Drink Papua ini memiliki racikan khusus yang berkhasiat menghangatkan tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.