Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DDSM Bantah Punya Kaitan dengan Dompet Dhuafa Terkait Bisnis Tes PCR

Kompas.com - 13/11/2021, 07:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) membantah punya kaitan dengan Dompet Dhuafa Social Enterprise. Hal itu menjawab pemberitaan yang menyebut DDSM menikmati bisnis tes PCR dengan memiliki puluhan lab di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Tidak ada keterkaitan kepemilikan antara PT DDSM dengan Dompet Dhuafa Social Enterprise baik secara legal dan fakta," ujar Corporate Communication DDSM Edisman Adiguna dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

"Laboratorium kami hanya ada di Jakarta dan Medan, tidak berada di Tegal, Cianjur, dan Pematang Siantar, seperti yang disebutkan dalam pemberitaan tersebut," lanjutnya.

DDSM yang berdiri sejak 2019 merupakan holding company di bidang kesehatan yang berfokus memberikan solusi bagi permasalahan pengelolaan rumah sakit, klinik, dan kesehatan.

Baca juga: Bantah Bisnis Tes PCR, Dompet Dhuafa Tegaskan Tak Punya 40 Lab

Pendekatan yang dilakukan DDSM yakni hybrid services yang menggabungkan potensi layanan kesehatan premium, jaminan kesehatan nasional serta layanan yang bersifat sosial secara terintegrasi.

Hingga saat ini, telah bergabung 9 rumah sakit, 1 perusahaan besar farmasi, dan 40 jejaring layanan dalam pengelolaan DDSM.

Pada masa pandemi DDSM membantu pemerintah dalam penyediaan layanan penanggulangan Covid-19, mulai dari screening, rumah sakit rujukan, hingga mitra penyelenggara vaksinasi.

Seluruh jejaring rumah sakit DDSM berkomitmen menjadi mitra pemerintah sebagai rumah sakit penanggulangan Covid-19.

Saat ini, telah bergabung 45 jejaring kerja sama site screening Covid-19 yang dapat berdiri dengan cepat yang tersebar di Jabodetabek, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Lampung, dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: Menteri Investasi Minta Aktivis Tak Lagi Persoalkan Bisnis Tes PCR

Sebelumnya, Dompet Dhuafa Social Enterprise membantah kabar yang menyebutkan mereka berbisnis tes Covid-19 dan memiliki 40 lab penanganan tes PCR.

Di masa pandemi, Dompet Dhuafa menyelenggarakan program seperti mitigasi bencana penyebaran virus, tes antibody, tes antigen, dan tes PCR secara gratis bagi masyarakat dhuafa di Indonesia.

Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa Bambang Suherman menyebutkan, Dompet Dhuafa (Yayasan Dompet Dhuafa Republika/YDDR) tidak punya kepemilikan atas DDSM.

"Saya tegaskan bahwa Dompet Dhuafa sama sekali tidak ada kaitannya dengan DDSM," katanya.

Baca juga: Bio Farma: Biaya Tes PCR Bisa Rp 275.000 karena Harga Reagen Hanya Rp 90.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com