Erick Thohir Bikin Surat Edaran: Fasilitas Umum BUMN Wajib Gratis

Kompas.com - 27/11/2021, 08:06 WIB
Toilet SPBU yang didatangi Erick ketika berkunjung ke Kabupaten Probolinggo. ISTIMEWAToilet SPBU yang didatangi Erick ketika berkunjung ke Kabupaten Probolinggo.

KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir baru saja menerbitkan Surat Edaran Nomor SE-16/MBU/11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN.

Entah kebetulan atau tidak, surat edaran berisi perintah kepada seluruh BUMN ini dirilis tak lama setelah viral aksi Erick Thohir menyinggung toilet umum berbayar di SPBU Pertamina. 

Merujuk pada surat yang diteken pada 24 November 2021 ini, Erick Thohir menegaskan bahwa semua fasilitas umum yang berada di bawah pengelolaan BUMN harus dikelola dan dipelihara dengan baik, dan yang paling penting, masyarakat bisa mengaksesnya secara gratis. 

"Pemberian layanan oleh BUMN yang di dalamnya terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial agar senantiasa dilakukan perawatan, pemeliharaan dan pengelolaan yang memadai sehingga memberikan dampak optimal dan tidak membebani bagi masyarakat yang menggunakannya. (Tidak dipungut biaya bagi masyarakat pengguna)," kata Erick Thohir dalam surat edaran yang diumumkan di laman resmi Kementerian BUMN seperti dikutip pada Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Benarkah Bandara Kualanamu Sudah Dijual ke Asing?

Masih menurut surat edarannya, mantan bos Inter Milan ini meminta semua BUMN melakukan perawatan sesuai dengan standar kualitas layanan, termasuk dalam aspek kebersihan.

Ia bilang, gratis atau tidak berbayar tak bisa menjadi alasan fasilitas umum yang disediakan BUMN tidak dijaga dengan baik. 

Dia juga meminta seluruh komisaris maupun dewan pengawas BUMN bisa ikut mengawasi direksi dalam pelaksanaan perintah sesuai surat edaran agar dilaksanakan dengan baik di lapangan. 

Apabila BUMN mengenakan biaya kepada masyarakat atas fasilitas umum miliknya, maka hal itu bisa dikategorikan sebagai pungutan liar alias pungli. 

Baca juga: Daftar 7 BUMN Terbesar di Indonesia dari Sisi Aset, Siapa Juaranya?

"Dewan komisaris dan dewan pengawas BUMN diminta untuk mengawasi pelaksanaan surat edaran ini," tulis Erick Thohir. 

Polemik toilet SPBU Pertamina

Sebelumnya Erick Thohir meminta Pertamina memperbaiki layanan fasilitas toilet di SPBU-SPBU yang berada di bawah perusahaan tersebut. Ia bilang, fasilitas toilet harusnya tak berbayar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.