Menhub Ajak Milenial Jadi Pelopor Gerakan Sadar Keselamatan Berlalu Lintas

Kompas.com - 01/12/2021, 19:26 WIB
Menhub Budi saat Forum Grup Diskusi (FGD) bertema ?Hub dan Spoke untuk Menunjang Tol Laut?, Selasa (16/11/2021). Dok. KemenhubMenhub Budi saat Forum Grup Diskusi (FGD) bertema ?Hub dan Spoke untuk Menunjang Tol Laut?, Selasa (16/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para milenial di sektor transportasi dapat menjadi pelopor gerakan sadar keselamatan berlalu lintas.

Peran generasi muda diharapkan bisa memengaruhi masyarakat untuk taat akan aturan berlalu lintas.

Hal itu diungkapkannya dalam acara Indonesia Youth Road Safety Warriors, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Menhub Minta Layanan di Pelabuhan Tanjung Priok Dipercepat, Ini Caranya

Ini merupakan sebuah program untuk mendidik para mahasiswa dari generasi muda milenial, yang diinisiasi oleh Indonesia Road Safety Partnership (IRSP), organisasi nirlaba nasional yang fokus mengatasi permasalahan keselamatan jalan.

“Berilah contoh yang baik melalui berbagai cara yang kreatif, seperti kampanye keselamatan melalui konten media sosial dan media lainnya,” ujar Budi Karya dalam keterangannya.

Ia mengatakan, tingginya angka kecelakaan di Indonesia merupakan masalah serius yang menjadi perhatian besar dari pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan terkait.

Oleh karena itu, perlu upaya untuk menanamkan pemahaman tentang berlalu lintas yang benar, serta menumbuhkan budaya bertransportasi yang berkeselamatan kepada generasi muda.

Baca juga: Menhub Dorong Peran Swasta dalam Pembangunan Infrastruktur Transportasi

Setidaknya ada empat sikap yang wajib dipedomani sebagai pengguna jalan yang baik, yaitu alertness (kewaspadaan), awareness (kesadaran), attitude (perilaku), serta anticipation (antisipasi).

Pada kesempatan ini, para milenial akan diminta berperan sebagai duta untuk melakukan kampanye berkendara yang sopan dan berkeselamatan kepada keluarga dan lingkungannya.

Lewat peran ini, maka peran para milenial diharapkan semakin optimal dalam meningkatkan keselamatan di sektor transportasi.

"Selain mengkampanyekan keselamatan jalan, para insan muda transportasi ini diharapkan pula dapat berkontribusi secara maksimal untuk menjadi inspirasi, membawa inovasi, dan mendorong transformasi di bidang transportasi," pungkas Budi Karya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.