Ini Cara Listing di LandX, UKM Bisa Dapat Modal dari Berbagai Investor

Kompas.com - 01/12/2021, 18:48 WIB
LanddX LandXLanddX

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Numex Teknologi Indonesia atau LandX.id yang merupakan platform equity crowdfunding membuka kesempatan bagi para UKM untuk mendapatkan pendanaan dari berbagai investor dengan bergabung ke ekosistem LandX.

Founder dan Chief Executive Officer LandX.id Andika Sutoro Putra mengatakan, pihaknya sangat ketat dalam menyeleksi perusahaan/UKM yang akan dibiayai dari uang para investor.

Baca juga: LandX Dorong Ekspansi Bisnis Fast Fashion Retail Ximivogue

"Perusahaan atau UKM yang dibiayai tersebut harus sudah memiliki prospek, kinerja dan pertumbuhan yang positif serta aset dasar properti yang bernilai tinggi, dan juga risiko mitigasi yang matang. Sementara untuk cara bergabungnya, UKM bisa mendaftarkan usahanya melalui https://landx.id/pendaftaran-perusahaan.html," ujar Andika dalam siaran persnya, Rabu (1/12/2021).

Andika menuturkan, sejak berizin OJK pada akhir Desember 2020 yang lalu, jumlah investor yang terdaftar di LandX.id telah mencapai lebih dari 65.000 investor dengan 5.395 user.

Investor tersebut telah menginvestasikan uangnya di LandX.id dan mendapatkan pembagian dividen senilai Rp 2,21 miliar.

Andika juga mengatakan, ada salah satu usaha restoran yang mendapatkan pendanaan setelah bergabung ke ekosistem LandX yaitu Okinawa Sushi.

Dia membeberkan, setelah listing di aplikasi LandX.id bulan ini, Okinawa berhasil menerima pendanaan patungan sebesar Rp 7 miliar dan secara resmi beroperasi di Central Park.

Baca juga: Per Agustus 2021, LandX Telah Bantu Kumpulkan Permodalan Rp 101 Miliar untuk 17 UKM

“Para investor akan menerima dividen berkisar 15–25 persen per tahun, yang rencananya akan dilakukan pembagian dividen pertama di bulan Februari 2022," kata Andika.

Sementara untuk berinvestasi di LandX.id, menurut Andika sangatlah mudah.

Calon investor hanya cukup mengunduh aplikasi LandX.id di Google Play dan App Store, mendaftar dan melakukan transaksi investasi.

"Baik di aplikasi ataupun website, semua informasi pendanaan yang tengah berlangsung serta jangka waktu pendanaan diberikan secara transparan. Sehingga investor tidak perlu khawatir perputaran uangnya," ucap Andika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.