Penggunaan Layanan Telemedicine Diprediksi Akan Terus Meningkat

Kompas.com - 02/12/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi telemedicine SHUTTERSTOCKIlustrasi telemedicine
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten Deputi Investasi Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Farah Heliantina memprediksi penggunaan layanan telemedicine akan terus meningkat.

"Kami rasa itu demand-nya untuk industri telemedicine akan terus tinggi," ujar Farah dalam Press Briefing Indonesia Services Dialogue (ISD) di Jakarta, Kamis (2/11/2021).

Saat ini kata Farah, layanan telemedicine masih terbatas yaitu hanya melayani telekonsultasi dan telefarmasi.

Namun dia optimistis layanan telemedicine akan semakin terintegrasi seiring meningkatnya permintaan pelanggan.

Baca juga: Sering Pakai Dompet Digital? Waspada Modus Penipuan Ini

"Mungkin ini bisa jadi lebih terintegrasi yang bisa dihubungkan dengan pembiayaan, bisa terhubung ke data pasien melalui NIK dan ini memang butuh pengawalan yang baik dari pemerintah," kata Farah.

Farah menyakini penggunaan layanan telemedicine akan terus meningkat karena didorong oleh bonus demografi yang dimiliki Indonesia.

"Misalnya ke depan akan semakin banyak anak muda yang sudah paham teknologi dan tentu demand-nya juga akan semakin besar," kata Farah.

"Belum lagi akan semakin banyak kampanye kesehatan dan adanya peningkatan gaya hidup. Ini akan menjadi tren baru dalam lifestyle orang-orang," sambung Farah.

Baca juga: Dirjen Pajak ke Jajarannya: Jangan Korupsi! Jabatan adalah Amanah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.