Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bitcoin Anjlok Lebih dari Rp 200 Juta Sehari, Mengapa?

Kompas.com - 04/12/2021, 17:07 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bitcoin pada perdagangan hari ini, Sabtu (4/12/2021) merosot hingga 16,83 persen menjadi di kisaran 47.197,18 dollar AS atau sekitar Rp 670,19 juta per keping.

Bila dibandingkan dengan harga sepekan yang lalu, harga bitcoin anjlok 13,24 persen.
Dilansir dari Coindesk, harga bitcoin telah anjlok hingga 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 213 juta dalam 24 jam terakhir.

Sementara itu, harga ethereum merosot 1.100 dollar AS atau sekitar Rp 15,62 juta dalam periode waktu yang sama.

Harga bitcoin anjlok disebabkan oleh ketidakpastian lantaran kemunculan virus Covid-19 varian Omicron serta ekspektasi kebijakan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) di tengah tingkat inflasi yang tinggi.

Baca juga: Harga Bitcoin Anjlok 16 Persen Sehari, Aset Kripto Lain Berguguran

Di tengah merosotnya harga bitcoin dan aset kripto lainnya hari ini, beberapa orang memanfaatkan momentum dengan membeli bitcoin di harga rendah.

El Salvador, sebagai salah satu negara yang menggunakan bitcoin dalam neraca keuangan mereka pun telah membeli 150 bitcoin hari ini di harga masing-masing 48.700 dollar AS per keping.

Untuk diketahui, harga bitcoin anjlok hingga lebih dari 20 persen bila dibandingkan dengan rekor harga tertinggi yang sempat dicapai pada November lalu, yakni di kisaran 69.000 dollar AS per keping.

Harga mata uang kripto lain pun ikut melemah seiring dengan merosotnya harga bitcoin.

Baca juga: Catat, Ini Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Kripto

Coinmarketcap mencatat, harga ethereum merosot 15,53 persen menjadi sektiar 3.852,94 dollar AS per keping dalam 24 jam terakhir. Sementara, bila dibandingkan dengan harga sepekan yang lalu, harga ethereum tersebut telah merosot 6,90 persen.

Sementara itu, harga solana yang dalam setahun terakhi sempat melesat, kini terkoreksi 18,48 persen menjadi sektiar 190,79 dollar AS per keping.

Bahkan, harga XRP merosot lebih dari 20 persen, atau 24,55 persen menjadi sekitar 0,7385 dollar AS per keping. Bila dibandingkan dengan harga sepekan yang lalu, harga XRP telah merosot 22,07 persen.

Baca juga: Mengapa Harga Bitcoin Sangat Bergejolak?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com