Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Buka Rekening Mandiri Online dan Syaratnya, Cukup Siapkan Ponsel

Kompas.com - 04/12/2021, 15:56 WIB
Nur Jamal Shaid,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kemajuan teknologi mendorong berbagai pelayanan publik mulai bergeser ke online, termasuk di sektor perbankan. Sebagai contoh, kini buka rekening mandiri online bisa dari rumah dengan menggunakan ponsel.

Sebagai salah satu bank BUMN terbesar, Bank Mandiri terus memberikan kemudahan bagi nasabah maupun calon nasabahnya. Salah satunya dengan layanan buka rekening mandiri online.

Selain efisien, cara buka rekening mandiri online juga terbilang mudah dan cepat. Calon nasabah cukup menyiapkan ponsel yang berisi paket data atau memiliki jaringan internet. Kemudian mengikuti petunjuk atau cara buka rekening mandiri online.

Calon nasabah yang ingin buka rekening mandiri online tentu tidak perlu datang ke kantor cabang. Lalu bagaimana cara buka rekening mandiri online?

Baca juga: Bogasari Jadi Pabrik Terigu Pertama yang Raih Industri Hijau

Langkah pertama jika ingin buka rekening bank mandiri online, calon nasabah bisa mengakses laman https://join.bankmandiri.co.id.

Perlu dicatat bahwa link tersebut hanya bisa diakses melalui mobile browser yang ada di ponsel atau smartphone. Artinya buka rekening mandiri online melalui link tersebut tidak dapat diakses dengan browser di perangkat komputer atau laptop.

Cara buka rekening mandiri online lewat ponsel dengan mudahTangkap layar laman bankmandiri.co.id Cara buka rekening mandiri online lewat ponsel dengan mudah

Perangkat yang bisa digunakan untuk membuka layanan buka rekening mandiri online tersebut yakni perangkat dengan sistem operasi iOS atau iPhone browser Safari dan optimum pada versi 12 ke atas.

Sementara untuk perangkat dengan sistem operasi Android, browser yang digunakan yaitu Google Chrome dan optimum berjalan di versi 72 ke atas. Jika sistem operasi Android atau iOSnya di bawah itu, maka tidak dapat buka rekening mandiri online.

Baca juga: Harga Bitcoin Anjlok 16 Persen Sehari, Aset Kripto Lain Berguguran

Dikutip dari laman resminya, cara buka rekening mandiri online juga bisa dilakukan nasabah lama yang telah memiliki produk Bank Mandiri.

Nasabah yang sebelumnya sudah memiliki rekening bisa membuka rekening bank mandiri online dengan verifikasi tabungan dan PIN Kartu Debit atau Kartu Kredit terlebih dahulu.

Syarat Buka Rekening Mandiri Online

Secara umum, syarat buka rekening mandiri online relatif sama dengan bank lainnya. Calon nasabah cukup menyiapkan kartu tanda penduduk (KTP) dan uang tunai untuk setoran awal.

Berikut syarat buka rekening mandiri online:

  • Setoran awal minimal Rp 50.000
  • Kartu identitas warga negara Indonesia (WNI), KTP yang masih berlaku
  • NPWP
  • Tanda tangan di kertas putih

Cara buka rekening mandiri online lewat ponsel dengan mudahSHUTTERSTOCK/Rafapress Cara buka rekening mandiri online lewat ponsel dengan mudah

Baca juga: Berikan Kuliah Umum untuk Politeknik IMIP, Menaker: Era 4.0 Dorong Perkembangan Sektor Industri

Cara Buka Rekening Mandiri Online

  • Buka laman https://join.bankmandiri.co.id di ponsel atau smartphone Calon nasabah melakukan verifikasi data
  • Tahap selanjutnya, calon nasabah harus melengkapi data yang sudah dimasukkan
  • Kemudian, petugas Bank Mandiri akan melakukan verifikasi melalui panggilan video. Verifikasi video call dengan customer service Bank Mandiri hanya bisa dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB
  • Terakhir, calon nasabah diminta membubuhkan tanda tangan digital
  • Rekening otomatis akan aktif setelah nasabah melakukan verifikasi dengan customer service dan melakukan tanda tangan elektronik
  • Nasabah perlu membuat PIN SMS banking sampai dengan nomor rekening muncul di layar nasabah (dan email konfirmasi pembukaan rekening berhasil)
  • Nasabah melakukan setoran melalui transfer ke rekening online bisa dilakukan baik dari Bank Mandiri maupun bank lain, melalui ATM, serta melalui teller di cabang Bank Mandiri
  • Bila nasabah tidak melakukan setor tunai dalam periode tertentu sesuai produk tabungan yang dipilih, maka rekening ditutup otomatis
  • Nasabah akan mendapatkan kartu debit setelah membuka rekening Bank Mandiri online.
  • Nasabah bisa memilih untuk mengajukan kartu debit di kantor cabang Bank Mandiri terdekat, atau dikirmkan sesuai ke alamat yang diinginkan nasabah.
  • Nasabah bisa melakukan berbagai layanan Bank Mandiri secara online dengan mengunduh Livin' By Mandiri serta memasukkan nomor handphone yang didaftarkan pada proses pembukaan rekening

Baca juga: Transfer Teknologi TKA, Ini Manfaatnya bagi Tenaga Kerja Indonesia

Itulah tahapan-tahapan cara buka rekening mandiri online dengan menggunakan ponsel. Syarat buka rekening mandiri online juga terbilang mudah dan calon nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com