Bogasari Jadi Pabrik Terigu Pertama yang Raih Industri Hijau

Kompas.com - 04/12/2021, 15:23 WIB
caption foto: Direktur Indofood Franciscus Welirang mendampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran meninjau pabrik Bogasari di Tanjung Priok, Jakarta Utara, sebagai industri pertama percontohan   Kawasan Tangguh Jaya di wilayah Polda Metro Jaya, Selasa (20/4/2021). Bogasaricaption foto: Direktur Indofood Franciscus Welirang mendampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran meninjau pabrik Bogasari di Tanjung Priok, Jakarta Utara, sebagai industri pertama percontohan Kawasan Tangguh Jaya di wilayah Polda Metro Jaya, Selasa (20/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari yang berlokasi di Jakarta Utara meraih penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian.

Penghargaan itu diserahkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Aula Garuda, Kantor Kemenperin Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Penghargaan Industri Hijau tersebut merupakan yang kedua kalinya diterima Bogasari setelah meraih penghargaan di tahun 2019 yang lalu.

“Penghargaan ini sekaligus kebanggan buat Bogasari karena merupakan pabrik tepung terigu pertama dan satu-satunya di Indonesia yang sudah berhasil penghargaan Industri Hijau,” ujar Senior Vice President (SVP) Manufacturing yang mewakili PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari Bobby Ariyanto dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Sabtu (4/12/2021).

Baca juga: Menperin Beberkan 5 Tantangan yang Dihadapi dalam Pengembangan Industri Hijau yang Berkelanjutan

Menurut dia, penghargaan ini menjadi bukti kalau Bogasari yang genap berusia 50 tahun pada 29 November 2021, tidak hanya fokus pada profit semata, tapi juga mempunyai benefit bagi lingkungan, karyawan dan masyarakat sekitar.

"Bogasari akan terus berkomitmen menerapkan industri yang mampu berproduksi secara efektif dan efesien dalam menggunakan sumber daya alam dan sumber daya manusi,” ungkapnya.

Lebih jauh Bobby memaparkan, pada tahun 2019 Bogasari meraih pengharagaan Industri Hijau Level 4. Sementara di tahun 2021 ini Bogasari naik peringkat meraih Industri Hijau level 5.

Bahkan Bogasari masuk dalam 10 besar industri dengan nilai tertinggi untuk penghargaan tahun ini, tepatnya di urutan ke-7.

Sebagai informasi, ada 152 perusahaan yang mendapat penghargaan ini, dan 88 diantaranya mendapat Level 5.

Industri Hijau merupakan penghargaan kepada industri yang mencapai efesiensi bahan baku dan produksi yang tinggi dengan limbah yang minimal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.