Penuhi Bahan Baku, Nestle Indonesia Beli Susu Rp 1,6 Triliun ke Peternak Sapi Lokal Tiap Tahun

Kompas.com - 05/12/2021, 08:03 WIB
Perayaan 50 Tahun Nestle di Indonesia, perusahaan memberikan apresiasi kepada para peternak sapi perah lokal, Jumat (3/12/2021). KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoPerayaan 50 Tahun Nestle di Indonesia, perusahaan memberikan apresiasi kepada para peternak sapi perah lokal, Jumat (3/12/2021).

MALANG, KOMPAS.com - Nestlé Indonesia membelanjakan Rp 1,6 triliun tiap tahunnya untuk membeli susu dari para peternak sapi perah lokal guna memenuhi kebutuhan bahan baku perusahaan.

Presiden Direktur Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar, menuturkan selama ini perseroan telah menjalin kemitraan dengan peternak lokal sehingga bisa berkontribusi terhadap perekonomian desa. 

"Kemitraan ini merupakan wujud nyata  dari kami bahwa untuk mencapai sukses jangka panjang, masyarakat sekitar di mana kami beroperasi juga harus sejahtera. Kami berharap kemitraan antara Nestlé Indonesia dan peternak sapi setempat dapat terus berjalan dengan baik,” ujarnya dalam perayaan 50 tahun Nestle di Indonesia, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Industri Pengolahan Susu Masih Bergantung Impor, Kok Bisa?

Ganesan menuturkan, khusus di Jawa Timur, perseroan telah bermitra dengan peternak sapi perah sejak tahun 1975 dengan memberikan pendampingan teknis dan bantuan lainnya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi susu segar serta memastikan keberlanjutan lingkungan.

Pendampingan dilakukan melalui tim Milk Procurement and Dairy Development (MPDD), dan jumlah peternak di Jawa Timur yang didampingi Nestlé Indonesia mencapai 27.000 peternak sapi.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi emisi gas rumah kaca, sejak 2010 Nestlé Indonesia telah membantu membangun 8.400 unit kubah biogas untuk mengolah kotoran sapi menjadi energi terbarukan yang digunakan untuk memasak dan penerangan.

 

Dalam acara tersebut juga hadir Bupati Malang, Sanusi; Deputi Perkoperasian, Kementerian Koperasi dan UMKM, Ahmad Zabadi; dan Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika.

Baca juga: Rebutan Susu Beruang, Nestle: Kami Tidak Menaikkan Harga

Sementara itu Putu Juli Ardika , memberikan apresiasinya kepada Nestlé Indonesia atas kemitraan yang telah terjalin antara Nestlé Indonesia dengan komunitas peternak sapi perah Jawa Timur, sejalan dengan ambisi pemerintah untuk mendorong penggunaan bahan baku dan produk yang dihasilkan oleh produsen setempat.

“Indonesia memiliki potensi besar sebagai penghasil susu segar, kami sangat mengapresiasi dan mendukung kerja sama antara Nestlé Indonesia dan peternak sapi perah di Indonesia. Saya percaya kerja sama yang telah terjalin dapat senantiasa mendukung dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia,” tutur Putu Juli Ardika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.