Cimory Resmi Melantai di BEI, Peroleh Dana Segar Sebesar Rp 3,66 Triliun

Kompas.com - 06/12/2021, 11:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cisarua Mountain Dairy Tbk atau Cimory dengan kode emiten CMRY resmi mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan pada Senin, (6/12/2021).

Jumlah saham yang dilepas melalui penawaran perdana sebesar 1,19 miliar saham, setara dengan 15 persen dari modal disetor dan ditempatkan perseroan setelah IPO.

Harga penawaran yang ditawarkan pada penawaran umum perdana saham Rp 3.080 setiap saham. Dengan demikian, perseroan telah menghimpun dana sebesar Rp 3,66 triliun.

"IPO ini diharapkan dapat memperkuat perusahaan di bidang industri olahan susu dan makanan, dan transformasi ini menjadi komitmen kami menerapkan tata kelola Perusahaan yang baik serta fokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan," kata Pendiri dan Presiden Komisaris CMRY Bambang Sutantio melalui siaran pers.

Baca juga: Cimory Raup Rp 3,66 Triliun dari IPO

Presiden Direktur / Grup CEO CMRY Farell Sutantio mengatakan, kedepanya, Cimory akan fokus pada inovasi produk dan menciptakan pasar baru di kategori pangan berbasis protein. Perseroan juga akan meningkatkan distribusi dengan investasi di cold chain logistics, serta menambah program kemitraan melalui program Miss Cimory.

“Saat ini kami telah bermitra dengan lebih dari 3.600 Ibu-Ibu di seluruh Indonesia melalui program Miss Cimory ini, yang memiliki tujuan utama untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru" ujarnya.

Sebagai informasi, sekitar 33 persen hasil dana IPO akan digunakan untuk belanja modal terkait dengan penambahan kapasitas untuk fasilitas produksi dalam bentuk: properti, pabrik dan peralatan.

Selanjutnya, sekitar 25 persen untuk penyetoran modal kepada Entitas Anak yaitu PT Macroprima Panganutama (MP), perusahaan pengolahan makanan. Dana tersebut utamanya akan digunakan oleh MP untuk penambahan kapasitas untuk fasilitas produksi, serta untuk modal kerja.

Adapun sekitar 20 persen untuk penyetoran modal kepada Entitas Anak PT Macrosentra Niagaboga (MN), perusahaan yang bergerak di bidang agen dan distributor. Dana tersebut utamanya akan digunakan oleh MN untuk belanja modal yang berkaitan dengan rencana ekspansi pusat distribusi, serta untuk modal kerja.

Sekitar 15 persen akan digunakan untuk belanja modal yang berkaitan dengan ekspansi saluran distribusi dalam bentuk penambahan jumlah toko dan sarana pendukung terkait peningkatan jumlah Miss Cimory yang meliputi pelatihan dan pengembangan. Terakhir, sekitar 7 persen akan digunakan untuk modal kerja Perseroan untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari hari.

Dalam penawaran umum Perdana saham ini, Perseroan telah menunjuk Nomura Singapore Limited, PT CLSA Indonesia dan PT Mandiri Sekuritas sebagai Joint Global Coordinators. Sementara PT CLSA Sekuritas Indonesia dan PT Mandiri Sekuritas juga bertindak sebagai Lead Domestic Underwriters.

Sebagai informasi berdasarkan RTI, di awal perdagangan CMRY bergerak fluktuatif, sempat menyentuh Rp 3.100 per saham di menit awal, namun turun sekitar 6 persen di level Rp 2.870 per saham.

Baca juga: Emas Murni atau Berlian, Mana yang Lebih Mahal?

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.