Mengintip Bisnis Koperasi SAE, Salah Satu Pemasok Susu ke Nestle Indonesia

Kompas.com - 06/12/2021, 16:37 WIB
Peternakan sapi perah milik Koperasi SAE, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (3/12/2021) KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoPeternakan sapi perah milik Koperasi SAE, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (3/12/2021)

MALANG, KOMPAS.com - Nestle Indonesia telah 50 tahun menjalankan bisnis di Indonesia. Selama itu pula perusahaan yang berbasis di Vevey, Swiss itu menjalin kemitraan dengan para peternak lokal untuk memenuhi kebutuhan bahan bakunya.

Setiap tahun, tak kurang Rp 1,6 triliun dibelanjakan oleh Nestle Indonesia untuk membeli susu dari peternak lokal di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan bahan baku perusahaan untuk merek-merek seperti Bear Brand dan Dancow.

Nestle Indonesia selama ini memang menjalankan bisnis dengan menerapkan business model yang mengedepankan kemitraan, dan tidak dengan menguasai rantai pasok dari hulu hingga ke hilir.

Baca juga: Penuhi Bahan Baku, Nestle Indonesia Beli Susu Rp 1,6 Triliun ke Peternak Sapi Lokal Tiap Tahun

Model bisnis seperti ini yang kemudian memunculkan banyak peternak sapi perah di berbagai wilayah.

Salah satu kawasan yang menjadi lokasi kemitraan antara Nestle Indonesia dengan peternak sapi perah adalah di Jawa Timur. Di provinsi ini, perseroan menjalin kemitraan dengan 27.000 peternak sapi, dengan memberikan pelatihan kepada para peternakan.

Setiap hari, Nestlé Indonesia membeli lebih dari 750.000 liter susu segar dari para peternak tersebut yang tergabung di 40 koperasi dan kelompok peternak di 16 kabupaten di Jawa Timur

Salah satu koperasi yang selama ini telah menjalin kemitraan dengan Nestle Indonesia adalah Koperasi Susu Sinau Andandani Ekonomi (SAE) yang berada di Pujon, Kabupaten Malang.

Telah bermitra sejak tahun 1975, Koperasi Susus Sae menjadi wadah bagi para peternak sapi perah, sekaligus menjadi lembaga yang memfasilitasi penjualan susu peternak ke Nestle Indonesia.

Bibit Sapi Perah

Kegiatan koperasi ini tak hanya sekedar trading susu, namun juga menjalankan bisnis lainnya seperti membuka toko oleh-oleh berbagai produk turunan susu, hingga peternakan untuk menghasilkan anakan sapi perah.

Peternakan sapi ini menyediakan bakalan induk sapi perah yang sekaligus bisa memproduksi susu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.