Bank Sampoerna Gandeng MEKAR, Rilis Pembiayaan UMKM MekarinAja

Kompas.com - 20/12/2021, 15:42 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Sahabat Sampoerna atau Bank Sampoerna bekerja sama dengan PT Mekar Investama Sampoerna (MEKAR) meluncurkan MekarinAja. MekarinAja merupakan program pembiayaan yang dikhususkan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Adji Anggono selaku Chief of SME, Funding, FI, and Network Bank Sampoerna mengungkapkan, UMKM memiliki kreativitas dan kelincahan dalam menghadapi tantangan serta perubahan yang cepat.

Baca juga: HM Sampoerna Investasi Rp 2,4 Triliun Bangun Fasilitas Produksi Tembakau di Karawang

 

Selain itu UMKM juga memiliki nilai strategis dalam memberdayakan ekonomi masyarakat mengingat banyaknya pihak yang terlibat dalam kegiatan produksi oleh UMKM.

“Kami yakin produk ini akan pas untuk para pelaku UMKM di Indonesia. UMKM memang salah satu sektor yang sangat penting dan potensial, selain jumlahnya yang banyak, kita juga bisa melihat UMKM menjadi salah satu sektor yang gesit dengan perubahan yang semakin cepat saat ini,” kata Adji secara virtual, Senin (20/12/2021).

Baca juga: Kuartal III-2021, Bank Sampoerna Bukukan Laba Bersih Rp 42 Miliar

Dia menambahkan, melalui MekarinAja, MEKAR dan Bank Sampoerna memiliki misi memberdayakan masyarakat dengan memberikan kesempatan dan dukungan agar berhasil di sektor UMKM melalui pemanfaatan teknologi digital.

Apalagi, pada November lalu, Bank Sampoerna telah memenuhi modal inti minimum sebesar Rp 2 triliun.

Baca juga: Bank Sampoerna Nilai Keuangan Inklusif Tanggung Jawab Setiap Bank

“MekarinAja merupakan perwujudan nyata dari misi tersebut. Kolaborasi dan transformasi digital mutlak diperlukan untuk layanan ke UMKM yang efektif dan efisien. Dengan modal inti Rp 2 triliun, kami menjadi semakin optimis untuk dapat memberikan perubahan nyata bagi UMKM,” pungkas Adji.

Alternatif pembiayaan bagi UMKM

Pandu Aditya Kristy CEO MEKAR mengungkapkan, kolaborasi dengan Bank Sampoerna ini diharapkan dapat memberikan alternatif akses pembiayaan bagi UMKM.

Utamanya UMKM yang selama ini belum memiliki akses permodalan dari lembaga keuangan.

Bagaimana pun, pembiayaan seringkali menjadi aspek penting bagi UMKM untuk dapat meningkatkan skala usaha yang dimilikinya.

Setelah sebelumnya, MEKAR telah membantu akses pembiayaan bagi UMKM selama 5 tahun terakhir, dengan MekarinAja, akses pembiayaan ini kami tingkatkan lagi,” ungkap Pandu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.