Kompas.com - 21/12/2021, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sedang berada dalam proses akuisisi bank kecil, dalam rangka mengembangkan bisnis perbankan digital perseroan.

Adapun Bank Mayora dikabarkan menjadi kandidat utama bank yang akan diakuisisi dan menjadi anak usaha bank dengan kode emiten BBNI itu.

Merespons kabar tersebut, Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom membenarkan, saat ini perseroan tengah dalam tahapan pengembangan kapabilitas digital.

"Perseroan saat ini tengah memasuki tahapan yang lebih serius untuk mengembangkan kapabilitas digital melalui strategi anorganik," ujar dia, dalam keterbukaan informasi BEI, dikutip Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Cerita Mayora di Balik Eksisnya Permen Kopiko di Drama Korea

Namun demikian, sebagai perusahaan terbuka, semua aksi korporasi yang dilakukan BNI harus tunduk pada prinsip governance yang berlaku dan menghormati masing masing pihak terkait.

Oleh karena itu, BNI disebut belum dapat menyampaikan lebih detail terkait rencana akuisisi bank kecil tersebut.

"Sebagai perusahaan terbuka, semua aksi korporasi yang dilakukan BNI harus tunduk pada prinsip governance yang berlaku dan menghormati masing masing pihak terkait," tutur Mucharom.

"Oleh karena itu, BNI belum dapat menyampaikan nama target bank yang akan dibidik maupun partner yang akan digandeng," ucap dia.

Sebelumnya, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar sempat mengatakan, perseroan telah mencapai kesepakatan awal untuk mengakuisisi satu bank kecil, guna memuluskan ncana peluncuran bank digital.

Baca juga: Siap Luncurkan Bank Digital, BNI Akuisisi Bank Kecil

"Dapat kami sampaikan bahwa kami telah mencapai kesepakatan awal untuk akuisisi bank ini yang memiliki ekosistem bisnis yang kuat untuk dikembangkan menjadi bank digital," ujar dia, dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10/2021).

Namun, Royke masih belum bisa membeberkan secara spesifik nama bank yang telah diakuisi oleh perseroan.

Ia menambahkan, perseroan telah mengalokasikan dana khusus pengembangan bank digital, sesuai dengan Rencana Bisnis Bank (RBB) 2021.

"Target idealnya adalah BUKU 1-BUKU 2 berdasarkan klasifikasi bank sebelumnya. Artinya, modal intinya itu tidak lebih dari Rp 3 triliun," kata dia.

Baca juga: Biaya Admin Bank BNI dan Cara Buka Rekening Online

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.