Mau Bisnis Produk Digital dari Token hingga Top Up? Simak Tips Ini

Kompas.com - 02/01/2022, 12:13 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kamu yang ingin memiliki bisnis kecil-kecilan dan tidak terlalu ribet, menjual produk digital seperti menjual pulsa, pembarayan token listrik hingga top up berbagai dompet digital bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu coba.

Pasalnya, selain peminat produk digital yang banyak, kamu juga tidak terlalu ribet untuk melakukan transaksi lantaran prosesnya hanya menggunakan smartphone saja.

Seperti cerita Andika dan Dewi, yang merupakan Mitra Shopee. Mereka berdua terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dampak pandemi.  Namun, dengan berjualan produk digital dari rumah, mereka bisa mendapatkan pendapatan yang cukup.

“Saat harus kehilangan pekerjaan, kami merasa mengalami tekanan yang sangat berat, mengingat kami masih harus membiayai kedua anak kami. Kami pun berusaha memutar otak agar bisa tetap berjuang tinggal di Ibu Kota tanpa pekerjaan," sebut Andika dikutip dalam siaran pers Shopee.

Baca juga: Ini Tips Agar Resolusi 2022 Bisa Sukses Terwujud

Andika dan Dewi pun sementara bisa bertahan hidup di tengah kesulitan selama pandemi dari berjualan produk digital. Seiring berjalannya waktu, Andika dan Dewi menemukan peluang penghasilan baru dari menjadi Mitra Shopee.

Mereka mengaku berjualan lewat Mitra Shopee jauh lebih mudah dan menguntungkan. Jika biasanya pemilik kios pulsa harus menaruh deposit awal dan datang ke distributor pulsa, dengan layanan Mitra Shopee semuanya bisa dilakukan hanya dalam genggaman.

"Dengan uang yang kami punya, akhirnya kami memutuskan untuk berjualan pulsa dan paket data yang pasti dibutuhkan semua orang di kondisi saat ini. Beruntung kami bisa bergabung menjadi Mitra Shopee, selain mudah harga produk digitalnya juga murah sehingga yang masuk untungnya lebih banyak,” ujar dia,

Andika pun membeberkan beberapa tips bagi pemula yang ingin berjualan produk digital.

Pertama adalah pilih aplikasi dan layanan yang bisa beri untung. Saat ini, kata Andika, ada banyak terdapat aplikasi dan layanan yang menawarkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menjual produk digital.

"Yang paling penting dan harus diperhatikan adalah menyeleksi aplikasi yang lebih mudah, cepat, dan pastinya bikin untung," kata Andika.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.