Intip Daftar Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

Kompas.com - 02/01/2022, 15:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Informasi seputar negara penghasil batu bara terbesar di dunia, termasuk negara penghasil batu bara terbesar di Asia Tenggara banyak dicari pembaca.

Pertanyaan-pertanyaan mengenai negara penghasil batu bara di ASEAN, khususnya tentang negara ASEAN penghasil batu bara terbesar juga kerap mencuat.

Negara manakah yang memiliki produksi batu bara terbesar di dunia? Penghasil batu bara di mana? Itulah sejumlah pertanyaan yang kerap ditanyakan pembaca.

Baca juga: PLN Krisis Pasokan, Ekspor Batu Bara Resmi Dilarang Selama Sebulan

Selain itu, ada juga yang bertanya, negara manakah yang merupakan penghasil batu bara? Negara Indonesia menduduki urutan ke berapakah penghasil batu bara terbesar di dunia?

Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menjawab sederet pertanyaan tersebut agar memahami informasi seputar negara penghasil batu bara terbesar di dunia.

China produsen batu bara terbesar dunia

Berdasarkan data BP’s Statistical Review of World Energy 2021 yang dikutip pada Minggu (2/1/2022), total produksi batu bara dunia pada tahun 2020 mencapai 7,74 miliar ton.

Dari jumlah tersebut, lebih dari separuh produksi batu bara dunia dihasilkan oleh China. Ini membuat China menduduki urutan pertama dalam daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia.

Baca juga: Ini Daftar Negara Tujuan Ekspor Batu Bara Indonesia

Produksi batu bara China pada tahun 2020 mencapai 3,9 miliar ton. Capaian tersebut setara dengan 50,4 persen dari total produksi batu bara dunia.

Volume produksi batu bara China terpaut jauh dari India yang masuk peringkat ke-2 pada daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia.

Pada tahun 2020, India memproduksi batu bara sebanyak 756,5 juta ton atau setara dengan 9,8 persen dari total produksi batu bara dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.