Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KoinWorks Dapat Suntikan Dana Segar Rp 1,6 Triliun

Kompas.com - 12/01/2022, 12:04 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan startup fintech di Indonesia KoinWorks mengumumkan pendanaan seri C sejumlah 108 juta dollar AS atau setara dengan Rp 1,6 triliun.

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh MDI Ventures, perusahaan ventura Telkom Indonesia dengan partisipasi dari investor sebelumnya seperti Quona Capital, Triodos Investment Management, Saison Capital, ACV dan East Ventures.

Chairman dan Co-founder KoinWorks Willy Arifin mengatakan, pendanaan terbagi dalam ekuitas senilai 43 juta dollar AS dan debt capital senilai 65 juta dollar AS, akan digunakan untuk mengembangkan solusi keuangan yang ditawarkan dan menambah karyawan baru sebanyak 400 orang secara global.

“Kami paham dinamika layanan keuangan online dan ruang besar yang dimiliki oleh masa depan industri fintech dalam lanskap digital saat ini. KoinWorks akan terus memberdayakan UKM yang memiliki appetite dengan produk keuangan digital dengan sejumlah besar ekosistem produk yang mendukung pertumbuhan bisnis dan literasi keuangan untuk scale up bisnis mereka,” kata Willy dalam siaran pers, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Vaksin Booster Gratis buat Semua, Kemenkeu Putar Otak Siapkan Anggaran

CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono mengatakan, pemberdayaan UKM telah menjadi visi KoinWorks sejak pertama didirikan. KoinWorks hadir untuk mendemokratisasi akses keuangan, serta menyingkirkan mitos bahwa akses keuangan hanya untuk kelas pengusaha tertentu.

“Kami membuktikan, dapat membuka pintu untuk akses modal dan menyediakan sarana edukasi membantu UKM dalam meningkatkan penjualan mereka. Selain itu, jika para UKM dapat memanfaatkan sepenuhnya semua solusi keuangan KoinWorks, potensi pertumbuhan UKM bisa jadi tidak terbatas,” kata Benedicto.

Benedicto mengatakan, sebagai salah satu platform solusi keuangan di Indonesia, KoinWorks berfokus pada pasar yang underserved dan underbanked.

KoinWorks juga menyediakan sarana bagi pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) serta freelancer untuk memulai perjalanan kewirausahaan dan mengembangkan bisnisnya.

Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan, kerja sama untuk KoinWorks NEO akan semakin memperkuat solusi keuangan bagi para UKM, dan sejalan dalam memperkuat ekonomi digital bangsa dalam dua tahun melalui inklusi digital dan kolaborasi.

“Kami sangat senang dapat mendukung KoinWorks dalam memperluas akses keuangan kepada lebih banyak lagi UKM di Indonesia. Kami menantikan lebih banyak inovasi dari KoinWorks,” ucap Willson.

Baca juga: Harga Emas Antam Melonjak Rp 6.000 Per Gram, Ini Rinciannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com