Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Ada Perubahan Organisasi di PLN, Erick Thohir Pastikan Tak Ada Pengurangan Pegawai

Kompas.com - 19/01/2022, 17:07 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal mentransformasi PT PLN (Persero) dengan membuat dua subholding. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki proses bisnis di perusahaan listrik milik negara itu.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, salah satu yang dibentuk adalah subholding pembangkit (power plan). Subholding ini mengkosolidasikan semua bisnis yang berkaitan pembangkit listrik, termasuk mengenai pengadaan pasokan batu bara.

Oleh sebab itu, lewat pembentukan subholding ini juga akan ada perubahan organisasi, salah satunya pada PT PLN Batubara, anak usaha dari PLN yang tengah dikaji untuk dibubarkan atau dimerger.

Baca juga: Erick Thohir Bakal Bikin Subholding PLN, Apa Saja?

"Ini nanti mengkonsolidasikan semua yang ada hubungannya dengan turunan power plan, salah satunya PLN Batubara," ungkap Erick dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/1/2022).

Kendati demikian, Mantan Bos Inter Milan itu memastikan, perubahan organisasi di tubuh PLN tidak akan mengurangi jumlah karyawan, bahkan berpotensi ditambah. Ia bilang, para karyawan akan ditingkatkan kapasitasnya dalam hal digitalisasi.

"Transisi ini juga kami pastikan ketenagakerjaan di PLN itu harus di upgrading, tingkatkan kulitasnya, harus melek teknologi. Tetapi bukan berarti, artinya PLN akan lepas pegawai, salah besar, justru ini dikembangin usahanya. Jangan-jangan malah perlu tambahan pegawai," papar dia.

Erick mengatakan, penambahan pegawai dimungkinkan, karena akan dibentuk subholding yang mengurusi bisnis di luar kelistrikan, seperti fiber optic, mobile, atau wifi.

Hal itu sebut dia, karena PLN memiliki infrastruktur yang memadai untuk menggarap bisnis di luar kelistrikan.

Baca juga: Cara Mengisi Token Listrik PLN dengan Mudah dan Cepat

"Soal di luar listrik, kebetulan PLN juga punya kabel di mana-mana, kami benchmarking juga di negara lain. Ini bisa ditingkatkan keindependensinya, dijadikan apakah PLN mobile, tapi tetap fokus kepada pelayanan listrik itu sendiri, bukan tiba-tiba lari ke bisnis yang lain," jelasnya.

Menurut dia, pembuatan holding dan subholding PLN ditargetkan rampung pada pertengahan tahun ini. Namun transisi sepenuhnya ditargetkan bisa selesai pada 2025, tetapi diharapkan bisa dipercepat menjadi di 2024.

"Kami akan tuntaskan ini, 6 bulan sebelum akhir tahun, akan ada virtual holding. Full transisi diharapkan 2025, kalau bisa lebih cepat ke 2024, nanti tergantung dari kondisi transisi ini, yang penting tidak terburu-buru," pungkas Erick.

Baca juga: Nasib PLN Batubara Diputuskan Tahun Ini, Dimerger atau Dibubarkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com