Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indomaret: 1 Warga Hanya Boleh Beli 2 Pieces Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter

Kompas.com - 20/01/2022, 06:32 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indomarco Prismatama (Indomaret) membatasi pembelian minyak goreng kemasan 1 liter yang dibanderol Rp 14.000 per liter.

Marketing Director PT Indomarco Prismatama Darmawie Alie mengatakan, hal ini dilakukan untuk pemerataan kepada konsumen agar semua konsumen bisa mendapatkan kebutuhannya akan minyak goreng.

"Pembatasan pembelian sesuai supply yang diterima Indomaret dari produsen tujuannya lebih untuk pemerataan kepada konsumen. Kami batasi, minyak goreng kemasan 2 liter maksimal boleh dibeli 2 pieces, minyak goreng kemasan 1 liter maksimal boleh dibeli 1 pieces, dan minyak goreng kemasan 5 liter maksimal 1 pieces," ujar Darmawie saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: Alfamart: Jangan Panic Buying Minyak Goreng, Pemerintah Jamin Stoknya

Darmawie menjelaskan, pihaknya pun sudah menempelkan papan pemberitahuan yang menginformasikan bahwa setiap pembelian minyak goreng dibatasi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di salah satu Indomaret Kemanggisan, memang papan pengumuman tersebut sudah ditempel di rak Indomaret khusus untuk minyak goreng.

Sementara itu, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menghimbau masyarakat untuk tidak tergesa-gesa atau panic buying membeli minyak goreng Rp 14.000 per liter.

Ketua Umum APRINDO Roy N Mandey mengatakan, stok minyak goreng tersebut dijamin aman oleh pemerintah agar semua masyarakat berhak mendapatkan haknya untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca juga: Asosiasi Buka Suara soal Harga Minyak Goreng Rp 14.000: Tidak Untung, Selisih Rugi Dibayar BPDP KS

"Berbelanjalah dengan normal dan wajar sesuai kebutuhan serta tetap komit dan wajib disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) pada saat ini. Jangan panic buying, stok ketersediaan minyak goreng menjadi komitmen Pemerintah melalui rilis resmi Kementerian Perdagangan, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga yang stabil dan terjangkau," kata Roy Mandey.

Roy menuturkan, pihaknya akan terus mendukung implementasi konkret atas program pemerintah dalam ketersediaan minyak goreng satu harga bagi seluruh lapisan masyarakat, dengan menyediakan penjualan minyak goreng seharga Rp 14.000 per satu liternya.

"Kami menyediakan minyak goreng baik kemasan sederhana maupun premium dengan ukuran mulai per 1 liter dijual dengan harga yang sama, yakni Rp 14.000, menggunakan stok/persediaan minyak goreng yang ada saat ini di setiap gerai/toko sambil menunggu pasokan minyak goreng dari distributor dan produsen yang telah mendapat penugasan pemerintah," kata Roy.

Baca juga: Nekat Jual Minyak Goreng di Atas Rp 14.000 Per Liter, Ini Sanksinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com