Kompas.com - 20/01/2022, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Pemindahan ibu kota ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Beberapa negara lain juga pernah melakukannya.

Belakangan ramai pro dan kontra terkait pemindahan ibu kota Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Wacana ibu kota pindah ini telah ada sejak dulu dan belum pernah terealisasi.

Padahal negara-negara lain sudah ada yang sukses memindahkan ibu kotanya sejak dulu. Meskipun ada juga yang gagal seperti yang dilakukan Myanmar.

Negara adidaya seperti Amerika Serikat bahkan telah berkali-kali memindahkan ibu kotanya, dari Philadelphia, Baltimore, Lancaster, York, Princeton, Annapolis, Tenton, New York, dan kini di Washington DC.

Baca juga: Deretan 10 Negara Termiskin di Dunia

Menurut situs BBC, berikut negara-negara yang pernah melakukan pemindahan ibu kota negara, di antaranya:

1. Rusia

Rusia sempat dua kali melakukan pemindahan ibu kota. Mulanya Moskow menjadi ibu kota Rusia tapi pada tahun 1712, dipindahkan ke Saint Petersburg.

Kemudian, pada 1918 Rusia memindahkan ibu kotanya kembali ke Moskow hingga saat ini. Alasannya, karena Moskow lebih dekat ke Eropa.

2. Brazil

Brazil berhasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada tahun 1956. Pasalnya, Rio de Janeiro saat itu terkenal akan penduduknya yang padat dan tingkat kemacetannya tinggi.

Baca juga: Sederet 5 Kilang Minyak Terbesar di Indonesia

Oleh karenanya, pemerintah Brazil membangun sebuah kota yang terletak di pusat negara bernama Brasilia. Kota Brasilia dirancang dengan futuritik oleh seorang arsitek bernama Oscar Niemeyer.

Bahkan jika menelusuri lebih lama lagi, sebelum Rio de Janeiro, ibu kota Brazil berada di Salvador de Bahia pada masa awal kolonial Portugis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.