Simak Cara Cek NPWP secara Online dan Offline dengan Mudah

Kompas.com - 23/01/2022, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Warga Indonesia yang sudah memiliki penghasilan di atas rata-rata orang kebanyakan wajib memiliki NPWP. Lantas bagaimana cara mengecek NPWP?

Mengecek NPWP biasanya diperlukan untuk mengetahui suatu NPWP asli atau tidak. NPWP sendiri terdiri dari 15 digit angka sebagai kode unik. Kode unik inilah yang nantinya menjamin data perpajakan Anda tidak tertukar dengan wajib pajak lainnya.

Cara cek NPWP pun sangat mudah dilakukan. Anda dapat melakukan cek NPWP secara online melalui aplikasi dan web resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Selain itu, cek NPWP pribadi juga bisa dilakukan secara offline dengan mendatangi kantor pelayanan pajak (KPP) atau menelepon Kring Pajak 1500200.

Baca juga: Selain Omicron, Ekonomi RI 2022 Juga Dipengaruhi oleh Kenaikan Tarif Listrik, Elpiji, BBM hingga Cukai Rokok

Berikut ini adalah tahapan-tahapan untuk melakukan cek NPWP secara online maupun offline dengan mudah:

Cara cek NPWP online

Cek NPWP lewat Scan QR Code

Pertama, cara cek NPWP secara online bisa dilakukan dengan Scan QR Code pada kartu NPWP. Dikutip dari akun instagram resminya @ditjenpajakri, berikut cara cek NPWP lewat Scan QR Code:

1. Scan

Pindai QR Code yang ada pada kartu NPWP. QR Code tersebut memiliki kode unik yang memiliki tautan pada laman account.pajak.go.id

2. Browse

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.