Kompas.com - 23/01/2022, 18:03 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Cek nomor BPJS Kesehatan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dapat dilakukan dengan mudah, baik online maupun offline. Artikel ini akan mengulas cara mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK.

Jaminan kesehatan seperti BPJS Kesehatan penting untuk dimiliki sebagai bentuk mitigasi apabila di masa mendatang terjadi masalah kesehatan. Apalagi, biaya iuran BPJS Kesehatan cukup terjangkau.

Namun, nomor BPJS Kesehatan seringkali terlupakan. Padahal nomor ini diperlukan setiap peserta akan menggunakan layanan kesehatan, cek tagihan iuran, dan membayar iuran BPJS Kesehatan.

Oleh karenanya, BPJS Kesehatan memudahkan pesertanya untuk melakukan cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, agar bisa digunakan peserta saat diperlukan.

Baca juga: Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Online dan Offline

Lalu, cara cek BPJS Kesehatan dengan NIK bisa dilakukan melalui apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK

Berdasarkan situs resmi BPJS Kehatan, berikut ini cara mengecek BPJS Kesehatan dengan NIK KTP:

1. Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK via SMS

BPJS Kesehatan menyediakan layanan SMS Gateway untuk memudahkan peserta mendapatkan informasi melalui pesan singkat. Layanan SMS Gateway diakses melalui nomor jaringan seluler nomor 08777-5500-400.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, peserta harus memastikan pulsanya mencukupi untuk mengirim dan menerima SMS.

Baca juga: Cara Daftar dan Input Data di SIPP BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK cukup mudah, peserta hanya perlu mengirim SMS ke nomor 08777-5500-400 dengan format: NIK(spasi)Nomor NIK.

2. Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK via Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store. Kemudian, peserta dapat mengikuti cara cek BPJS Kesehatan berikut:

Tampilan Mobile JKN. Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK atau Nomor Induk Kependudukan dapat dilakukan dengan mudah, baik online maupun offline. Bagaimana cara cek BPJS Kesehatan dengan NIK?Play Store Tampilan Mobile JKN. Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK atau Nomor Induk Kependudukan dapat dilakukan dengan mudah, baik online maupun offline. Bagaimana cara cek BPJS Kesehatan dengan NIK?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.