Perdana Melantai di BEI, Harga Saham BAUT Meroket 30 Persen

Kompas.com - 28/01/2022, 12:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk (BAUT) langsung auto reject atas (ARA) setelah resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (28/1/2022) dengan harga saham perdana Rp 100 per saham.

Melansir RTI pada penutupan sesi I, harga saham BAUT berada di level Rp 130 per saham atau melesat 30 persen. Dengan langkah IPO ini, maka BAUT menjadi perusahaan kelima yang tercatat di BEI sepanjang tahun 2022.

Baca juga: Bakal Melantai di BEI Hari Ini, BAUT Tertapkan Harga IPO Rp 100 Per Saham

Perseroan melepas sebanyak 1,4 miliar saham baru yang merupakan saham biasa atas nama atau setara dengan 30,21 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham. Dalam IPO ini, BAUT menargetkan perolehan dana segar sebanyak Rp 145 miliar

Baca juga: IPO NETV, Karyawan Dapat 2,91 Persen Saham, Apa Manfaatnya?

Direktur Utama BAUT Simon Hendiawan mengungkapkan, seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan.

“Rinciannya, 6 persen akan digunakan untuk pembayaran utang usaha kepada pemasok, yaitu NA Fasteners Pte. Ltd., salah satu pemegang saham Perseroan, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja,” kata Simon dalam siaran pers.

Baca juga: Penjelasan Bos Grup Lippo Seputar Aksi XL Axiata Akuisisi Link Net

Modal kerja tersebut mencakup pembelian persediaan, baik persediaan terkait produk eksisting Perseroan, maupun persediaan produk baru yang selama ini belum disediakan oleh Perseroan, seperti full range mur dan baut yang terbuat dari stainless steel, socket cap screw dan hand tools.

“Dengan adanya produk baru tersebut, kegiatan usaha Perseroan dapat menjadi lebih berkembang dimana Perseroan dapat menyediakan produk-produk mur dan baut dengan jenis yang lebih variatif kepada pelanggan-pelanggan Perseroan dalam rangka pengembangan usaha Perseroan,” tambah dia.

Baca juga: BEI: IPO Unicorn dan Centaur Diharapkan Berkontribusi pada Peningkatan Kapitalisasi Pasar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.