Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perdana Melantai di BEI, Harga Saham BAUT Meroket 30 Persen

Melansir RTI pada penutupan sesi I, harga saham BAUT berada di level Rp 130 per saham atau melesat 30 persen. Dengan langkah IPO ini, maka BAUT menjadi perusahaan kelima yang tercatat di BEI sepanjang tahun 2022.

Perseroan melepas sebanyak 1,4 miliar saham baru yang merupakan saham biasa atas nama atau setara dengan 30,21 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham. Dalam IPO ini, BAUT menargetkan perolehan dana segar sebanyak Rp 145 miliar

Direktur Utama BAUT Simon Hendiawan mengungkapkan, seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan.

“Rinciannya, 6 persen akan digunakan untuk pembayaran utang usaha kepada pemasok, yaitu NA Fasteners Pte. Ltd., salah satu pemegang saham Perseroan, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja,” kata Simon dalam siaran pers.

Modal kerja tersebut mencakup pembelian persediaan, baik persediaan terkait produk eksisting Perseroan, maupun persediaan produk baru yang selama ini belum disediakan oleh Perseroan, seperti full range mur dan baut yang terbuat dari stainless steel, socket cap screw dan hand tools.

“Dengan adanya produk baru tersebut, kegiatan usaha Perseroan dapat menjadi lebih berkembang dimana Perseroan dapat menyediakan produk-produk mur dan baut dengan jenis yang lebih variatif kepada pelanggan-pelanggan Perseroan dalam rangka pengembangan usaha Perseroan,” tambah dia.


Perseroan juga menerbitkan sebanyak 1,16 miliar Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 34,63 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan.

Setiap pemegang 10 (sepuluh) Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 8 Waran Seri I dimana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru Perseroan. Waran seri I mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama 3 tahun.

Waran Seri I adalah efek yang memberikan hak untuk melakukan pembelian Saham Biasa Atas Nama dengan Harga Pelaksanaan sebesar Rp 125 yang dapat dilakukan setelah 6 bulan sejak efek dimaksud dicatatkan di BEI.

“Dengan menyandang status sebagai perusahaan terbuka, diharapkan perseroan dapat selalu menerapkan prinsip good corporate governance dalam setiap langkah yang diambil. Perseroan juga diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan untuk berkembang dan tumbuh menjadi lebih besar. Perseroan tetap optimis, bisnis mur dan baut akan memberikan kontribusi positif bagi pemegang saham dan para pemangku kepentingan,” tegas dia.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2022/01/28/123011626/perdana-melantai-di-bei-harga-saham-baut-meroket-30-persen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke