Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Metaverse, BRI Bakal Buka Cabang Virtual

Kompas.com - 08/02/2022, 14:21 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakya Indonesia (Persrero) Tbk berencana mengembangkan layanan perbankan di kanal realitas virtual atau biasa dikenal dengan metaverse.

Pengembangan itu dilakukan melalui kerja sama dengan WIR Group, suatu grup usaha yang fokus bergerak di bidang teknologi, khususnya terkait augmented reality.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, melalui pengembangan di kanal metaverse, perseroan akan menghadirkan cabang virtual atau virtual branch, yang dapat diakses oleh masyarakat di mana saja.

"BRI senantiasa mengedepankan customer experience dalam setiap layanan, hadirnya BRI ke dalam dunia metaverse diharapkan bisa menjadi journey baru yang menyenangkan untuk customer," ujar dia, dalam keterangannya, Selasa (8/2/2022).

Baca juga: Setelah Digital Banking, Siap-siap Metaverse Banking

"Sekaligus dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi untuk melakukan berbagai layanan transaksi digital juga customer service yang baik kedepannya, baik virtually maupun on-site," tambah dia.

Handayani menjelaskan, BRI mengambil inisiatif untuk mengambil bagian dalam metaverse dalam negeri, dengan bergabung ke dalam program "Metaverse Indonesia" yang akan dipamerkan Presiden Joko Widodo dalam gelaran G20 Oktober 2022.

"Langkah BRI dalam Metaverse Indonesia ini sekaligus menandai pencapaian perseroan sebagai bank pelopor di Indonesia yang masuk dalam dunia metaverse," katanya.

Lebih lanjut Ia bilang, kerja sama BRI dan WIR Group menjadi komitmen nyata kedua perseroan untuk terus beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi di segala lini kehidupan, tidak terkecuali layanan perbankan.

"Di samping itu, inisiatif BRI dalam Metaverse Indonesia juga dapat mendongkrak implementasi tema G20 Indonesia," ucapnya.

Baca juga: PPKM Level 3, Pengusaha: Rasa Khawatir Menghantui Pelaku Usaha...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com