Bukalapak Klarifikasi Nilai Akuisisi Startup Bukan Rp 14 Triliun, tapi Rp 14 Miliar

Kompas.com - 24/03/2022, 17:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bukalapak.com Tbk mengklarifikasi nilai akusisi startup PT Belajar Tumbuh Berbagi bukan 1 miliar dollar AS atau Rp 14 triliun (asumsi kurs Rp 14.000 per dollar AS), namun hanya 1 juta dollar AS atau Rp 14 miliar.

Adapun akuisisi PT Belajar Tumbuh Berbagi dilakukan oleh anak usaha Bukalapak yakni PT Kolaborasi Kreasi Investa (KKI) dan PT Bina Unggul Kencana (BUK) pada 4 November 2021.

Baca juga: Juragan 99 Gilang Widya Pamer Omzet MS Glow Rp 600 Milar Per Bulan, Stafsus Sri Mulyani: Wow Gurih Nih, Tinggal Cocokkan SPT

"Dengan ini kami bermaksud memberikan klarifikasi, transaksi jual beli saham yang dibuat dan oleh pemegang saham penjual PT Belajar Tumbuh Berbagi, PT Kolaborasi Kreasi Investa (KKI) dan PT Bina Unggul Kencana (BUK) yang terjadi pada tanggal 4 November 2021," kata  Corporate Secretary Bukalapak Perdana A Saputro dalam keterbukaan informasi BEI, dikutip Kompas.com Kamis (24/3/2022).

"Terkait dengan pembelian 100 persen saham-saham PT Belajar Tumbuh Berbagi, sebanyak 11.340 saham adalah senilai 1 juta dollar AS bukan senilai 1 miliar dollar AS," sambungnya.

Baca juga: Kembangkan Bisnis, Pedagang Asal Depok Pilih Gabung Kampus UMKM Shopee

Selanjutnya, Bukalapak menginformasikan nilai jual beli saham tersebut tercantum dalam Addendum Atas Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat.

Dokumen tersebut ditandatangani oleh pemegang saham penjual PT Belajar Tumbuh Berbagi, PT Belajar Tumbuh Berbagi, KKI dan BUK pada tanggal 11 Januari 2022.

"Informasi ini akan di muat lebih lanjut dalam Laporan Keuangan Q4 2021," imbuh dia.

Baca juga: Cerita Hotman Paris, Tak Bisa Tidur gara-gara Takut Kena Sanksi 200 Persen Tax Amnesty Jilid II

Dalam keterbukaan informasi di BEI tersebut tertulis, tidak terdapat dampak terhadap kagiatan operasional atau kelangsungan usaha perseroan.

Sebagai informasi, PT Belajar Tumbuh Berbagi (BTB) menjalankan usaha dalam bidang pendidikan swasta, aktivitas sosial di dalam panti sosial karya, pendidikan bimbingan belajar dan konseling swasta.

Selain itu, PT Belajar Tumbuh Berbagi juga memiliki aktivitas pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet, aktivitas pemrograman komputer, portal web dan/atau platoform digital dengan tujuan komersial, aktivitas konsultasi bisnis dan broker bisnis dan periklanan.

Baca juga: Sri Mulyani: Dikiranya Pajak Kita Hanya untuk Bangun Jalan Tol Saja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.