Kompas.com - 31/03/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com Dana darurat adalah uang yang dipersiapkan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian tidak terduga atau dalam keadaan darurat.

Cara kerja dana darurat seperti asuransi, yakni menyisihkan premi atau uang sebagian agar bisa dipakai dengan cepat dan mudah ketika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Salah satu contoh pentingnya mempersiapkan dana darurat bisa dilihat dari dampak pandemi Covid-19.

Bagi sebagian orang yang kehilangan pekerjaan, dana darurat berguna sebagai dana untuk kehidupan sehari-hari selama tiga hingga enam bulan, seperti makanan, sewa tempat tinggal, transportasi. Dana darurat juga bisa untuk biaya berobat, dan keperluan lainnya.

Namun, bagi orang yang sudah berkeluarga dan mengandalkan satu sumber penghasilan, dana darurat selama tiga bulan mungkin tidak akan cukup. Dibutuhkan perencanaan tersendiri agar dana darurat yang disisihkan aman untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Siapkan Dana Darurat

Dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber, berikut alasan penting menyiapkan dana darurat bagi keluarga, manfaat menyiapkan dana darurat dan risiko jika tidak menyiapkannya, hingga tips mengatur dana darurat bagi keluarga.

Pentingnya dana darurat bagi keluarga

Dana darurat diharapkan bisa membantu seseorang bertahan di masa sulit selama beberapa waktu tanpa harus bergantung pada utang atau kartu kredit yang memiliki bunga tinggi.

Lebih dari itu, berikut tiga alasan pentingnya memiliki dana darurat, terutama bagi yang sudah berkeluarga, dirangkum Kompas.com dari berberbagai sumber.

1. Memiliki satu sumber penghasilan

Jika seseorang hanya memiliki satu sumber penghasilan, menyisihkan uang untuk dana darurat semakin fundamental.

Dana darurat akan membantu mencukupi kebutuhan keluarga jika pencari nafkah sedang sakit atau kehilangan pekerjaan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.