ADVERTORIAL

Transaksi Margin Tetap Bisa Cuan, asalkan…

Kompas.com - 05/04/2022, 18:53 WIB

KOMPAS.com – Saat berinvestasi saham, idealnya investor punya modal yang cukup untuk bertransaksi. Namun, perkembangan zaman membuat investor punya alternatif pembiayaan. Mereka yang punya dana terbatas, kini tetap bisa membeli saham menggunakan fasilitas transaksi margin.

Sebagai informasi, transaksi margin adalah fasilitas pinjaman modal yang berasal dari penyedia layanan investasi atau perusahaan sekuritas untuk investor. Tujuannya, untuk meningkatkan daya beli investor.

Dengan fasilitas tersebut, investor tak perlu takut kehilangan momen pembelian saham. Sebab, sewaktu-waktu saham incaran berada pada target harga beli, mereka bisa mendapatkannya.

Meski demikian, ada syarat untuk investor agar bisa menikmati layanan tersebut. Di antaranya memiliki jaminan dengan minimal jaminan Rp 200 juta yang berasal dari jumlah kepemilikan saldo rekening dana nasabah (RDN) dan saham margin atau kombinasi dari keduanya.

Sah-sah saja bagi investor menggunakan fasilitas tersebut. Terlebih, investor jadi bisa membeli saham dalam jumlah lebih banyak bila dibandingkan dengan kemampuan modal yang dimiliki.

Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa pinjaman tersebut tidak bersifat gratis.

Pinjaman untuk transaksi margin wajib dibayarkan investor saat memasuki masa jatuh tempo.
Penghitungan pinjaman yang dibayarkan pun harus ditambah dengan bunga yang sudah ditetapkan.

Meski demikian, bukan berarti pembelian saham yang didapatkan dari transaksi margin tidak berpotensi cuan.

Hanya saja, investor perlu perhitungan cermat untuk mengamankan labanya. Mereka baru bisa dikatakan untung apabila pertambahan harga saham bisa memberikan laba yang jumlahnya lebih dari modal mereka bertransaksi margin.

Adapun salah satu penyedia layanan transaksi margin adalah aplikasi investasi Ajaib. Lewat fitur Transaksi Margin, Ajaib mendorong pengguna untuk memanfaatkannya agar bisa mendapat cuan lebih banyak lagi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.