Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gojek, Grab, Shopee, Lazada, Mana yang Paling Banyak Digunakan di Asia Tenggara?

Kompas.com - 08/04/2022, 05:26 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ipsos melalui surveinya memotret tingkat ketertarikan konsumen terhadap penggunaan aplikasi besar mulai dari aplikasi ride hailing hingga aplikasi e-commerce.  

Adapun aplikasi ride hailing hingga e-commerce tersebut di antaranya Grab, Gojek, Shopee hingga Lazada.

Indikator user experience

Berdasarkan indikator user experience, tercatat Grab adalah aplikasi yang paling memberikan user experience paling tinggi dibandingkan aplikasi lainnya. Kemudian disusul oleh Shopee, Lazada dan Gojek.

“Kami melihat Grab adalah aplikasi yang tingkat user experiencenya lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Indikatornya adalah memberikan kemudahaan untuk ditemukan, keandalan, kemudahan diakses, dan keamanan. Kemudian dilanjutkan oleh Shopee yang diikuti oleh Lazada dan Gojek,” ujar Managing Director Ipsos in Indonesia Soeprapto Tan dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Bantu Nelayan dan Masyarakat Pesisir, Ini Kisah UMKM yang Pandai Melihat Peluang dari Berjualan di Shopee

Indikator engagement

Kemudian untuk indikator engagement menunjukkan super app mana yang paling banyak digunakan, dan skor didasarkan pada nilai BUMO (Brand Used Most Often), serta kepuasan pengguna dan kualitas layanan. Pada indikator ini, Shopee menduduki peringkat pertama, diikuti oleh Grab, lalu Lazada.

Aplikasi terpopuler

Selanjutnya, Grab menduduki peringkat teratas sebagai aplikasi terpopuler, diikuti oleh Shopee di posisi kedua dan Lazada di posisi ketiga. Indikator untuk popular atau awareness diukur berdasarkan pada dua atribut, yaitu top of mind recall dan total awareness, atau Super App mana yang paling dikenal oleh pengguna.

Baca juga: Grab Bakal Operasikan 14.000 Unit Kendaraan Listrik Tahun Ini

Indikator usefulness

Untuk indikator usefulness, Ipsos mengukur tiga atribut yaitu frekuensi penggunaan dalam 1 bulan, jumlah layanan digital yang digunakan dalam 1 bulan, dan rating atau peringkat nominal transaksi pengguna pada super app.

Dalam hal ini Shopee berada di peringkat teratas pada indikator ini, diikuti oleh Grab dan kemudian Lazada di posisi ketiga.

Baca juga: Cerita Pemilik Toko Online Diberi Bintang 1: Seperti Diberi Kotoran, Produk Favorit Jadi Tak Laku...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com