Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Jasa Raharja untuk 20.000 Orang

Kompas.com - 11/04/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Raharja membuka pendaftaran mudik gratis 2022 mulai 9 April hingga 15 April 2022 pukul 09.00-15.00 WIB.

Dikutip dari Instagram @pt_jasaraharja, program mudik gratis Jasa Raharja ini dibuka untuk 20.000 peserta dengan menggunakan 10 unit bus untuk 5.000 orang dan 23 rangkaian kereta api untuk 15.000 orang.

Waktu pemberangkatan mudik gratis dengan armada bus akan dilaksanakan pada 27 April 2022 titik kumpul di Gelora Bung Karno sedangkan kereta api dimulai 27 April-1 Mei 2022 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota.

"Semoga dengan adanya program mudik sehat bersama BUMN ini dapat membantu Jasfren yang sudah kangen untuk mudik dan berkumpul kembali dengan keluarga di kota tujuan dengan tetap sehat, aman, selamat, dan nyaman," tulis manajemen Jasa Raharja di akun Instagramnya, Minggu (10/4/2022).

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Jalur Pantai Selatan Jawa Bisa Jadi Alternatif Pemudik

Kota tujuan mudik gratis Jasa Raharja untuk armada bus yaitu Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Wonogiri, Sragen, Kuningan Cirebon, Purwokerto, Pati, Magelang, dan Ngawi-Madiun.

Sementara untuk mudik gratis Jasa Raharja menggunakan kereta api, kota tujuannya yaitu Semarang, Solo, D.I Yogyakarta, Malang, dan Surabaya.

Lantas, apa saja syarat dan cara mendaftar program mudik gratis 2022 yang diselenggarakan Jasa Raharja?

Baca juga: Investasi Sukuk Wakaf Ritel SWR003, Harga Mulai Rp 1 Juta, Nilai Kupon 5,05 Persen

Syarat mudik gratis Jasa Raharja

Dilansir dari laman mudik.jasaraharja.co.id, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi peserta mudik gratis, di antaranya berupa syarat dokumen dan syarat vaksinasi.

"Salah satu syaratnya jasfren harus sudah divaksin yah, makanya ayo buruan booster dan segera daftarkan diri jasfren dan jangan lupa follow sosial media resmi PT Jasa Raharja untuk update terkini info mudik gratis sehat bersama BUMN 2022," tulis manajemen Jasa Raharja.

Persyaratan umum

  1. Harus mempunyai Sepeda Motor dan SIM C
  2. Satu Orang pendaftar maksimal 4 orang Dewasa (diatas tiga tahun)
  3. Pendaftar dan calon peserta harus mempunyai hubungan keluarga dengan
  4. dibuktikan oleh Kartu Keluarga/KK atau Surat Nikah atau Akta Lahir.
  5. Satu orang pendaftar maupun peserta hanya boleh terdaftar satu kali.

Persyaratan penunjang

Kemudian siapkan data penunjang untuk verifikasi yang harus diunggah dengan format JPG atau PNG, yaitu:

  1. KTP dan SIM C yang masih berlaku atas nama sendiri (pendaftar) nama KTP dan
  2. SIM C harus sama
  3. STNK Sepeda Motor
  4. Kartu Keluarga atau Surat Nikah atau Akta Lahir (salah satu) atau identitas seperti kartu pelajar bagi yang belum punya KTP
  5. Sertifikat Vaksin untuk masing-masing calon peserta mudik

Baca juga: Catat Total Tarif Tol Surabaya-Probolinggo untuk Mudik Lebaran 2022

Syarat saat Keberangkatan

  1. Peserta Mudik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
  2. Peserta Mudik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam, atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.
  3. Peserta Mudik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Cara daftar mudik gratis Jasa Raharja

Setelah menyiapkan berbagai syarat yang sudah disebutkan di atas, simak cara pendaftaran berikut ini yang bisa dilakukan secara daring.

Pendaftaran mudik gratis Jasa Raharja dapat dilakukan melalui aplikasi JRku yang dapat diunduh secara gratis di smartphone masing-masing. Kemudian pilih menu Mudik 2022 dan ikuti instruksi selanjutnya.

Masyarakat juga dapat melakukan pendaftaran melalui website mudik.jasaraharja.co.id/. Pilih menu Ambil Token lalu ke menu Pendaftaran Mudik. Masyarakat juga dapat mengecek status pendaftarannya di webiste ini.

Baca juga: Persyaratan dan Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Kemenhub via Online

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.