Mulai Arus Balik Lebaran, AP II Perkirakan Akan Ada 160.000 Penumpang Hari Ini

Kompas.com - 04/05/2022, 20:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan ada 160.000 orang yang akan dilayani di bandara yang dikelolanya pada hari ini.

Jumlah penumpang ini akan terus bertambah seiring puncak arus balik mudik Lebaran 2022 yang diperkirakan terjadi pada 7-9 Mei mendatang.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, 20 bandara yang dikelola AP II bersiap menerima kedatangan pemudik pada arus balik Lebaran 2022.

Baca juga: Jadi Alternatif, Erick Thohir Jamin Pelabuhan Panjang Siap Digunakan untuk Arus Balik

Kendati demikian, dia mengimbau agar calon penumpang dapat melakukan perjalanan arus balik lebih awal agar kepadatan tidak terpusat di 7-9 Mei.

"AP II mengimbau agar para pemudik dapat melakukan perjalanan arus balik lebih awal sehingga tidak terkonsentrasi pada 7-9 Mei. Perjalanan lebih awal sangat membantu pergerakan penumpang pada arus balik terdistribusi dengan baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (4/5/2022).

Sementara itu, pada 7 Mei 2022 atau hari pertama puncak arus balik diperkirakan akan ada 166.312 penumpang yang dilayani di 20 bandara AP II.

Kemudian terus bertambah jumlahnya pada 8 Mei menjadi 199.857 penumpang dan menjadi puncak arus balik tertinggi. Lalu pada 9 Mei turun menjadi sebanyak 179.542 orang.

Dia melanjutkan, selama arus balik, AP II fokus pada kelancaran proses kedatangan penumpang, antara lain pada pengaturan kedatangan pesawat, pengambilan bagasi dan transportasi darat.

Baca juga: Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Waspadai 2 Titik Kepadatan Ini

Sementara itu, Angkasa Pura II mencatat selama 22 April-3 Mei, jumlah pergerakan penumpang secara kumulatif mencapai 2,13 juta orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.477 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah pergerakan penumpang periode tersebut tercatat 1,36 juta orang dengan pergerakan pesawat mencapai 10.989 penerbangan.

Adapun lima besar destinasi dari Bandara Soekarno-Hatta pada periode tersebut adalah ke Denpasar, Medan, Makassar, Surabaya dan Pontianak.

Baca juga: Puncak Arus Balik 6-7 Mei, Pemudik Diminta Kembali Lebih Awal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.