Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zipmex “Tanggung” Pajak Transaksi Kripto Pengguna Sepanjang Mei 2022

Kompas.com - 10/05/2022, 14:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Platform transaksi kripto Zipmex menanggung pajak transaksi kripto para penggunanya selama bulan Mei 2022. Dengan demikian, pengguna tidak akan mengalami perubahan ataupun kenaikan biaya trading fee di platform Zipmex.

Sebagai informasi pemerintah mulai mengenakan pajak untuk transaksi Kripto pada awal Mei 2022 sebesar 0,1 persen.

“Kami akan menanggung seluruh pajak atas investasi aset kripto yang terjadi melalui platform Zipmex sepanjang bulan Mei 2022 dan pengguna tidak akan mengalami kenaikan harga trading fee di platform Zipmex,” kata Head of Growth Zipmex Indonesia Siska Lestari dalam siaran pers, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Pasar Kripto Masih Lesu, Harga Bitcoin Turun ke Rp 447 Juta

Siska mengatakan, dengan adanya pajak atas investasi kripto memberikan kepastian hukum yang lebih kuat serta kemudahan administrasi dan pelaporan atas perdagangan aset kripto bagi masyarakat Indonesia.

Dia bilang, penghitungan pajak atas aset kripto merupakan hal yang baru bagi pengguna. Maka dari itu, edukasi mengenai pajak atas investasi aset kripto penting dilakukan bagi pengguna, hanya saja masih terbilang minim.

“Dibutuhkan sosialisasi dan edukasi yang menyeluruh untuk memberikan pemahaman mengenai besaran potongan dan mekanisme pengenaannya. Oleh sebab itu, sebagai bagian dari upaya kami dalam membantu proses edukasi pengguna,” jelas dia.

Baca juga: Ikut Wall Street, Harga Bitcoin Ambles 8,3 Persen, Cek Harga Kripto Hari Ini

Siska berharap, dengan adanya program penanggungan pajak ini, dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan penerimaan pajak sekaligus membantu pengguna untuk berinvestasi pada aset kripto dengan lebih mudah dan nyaman.

Siska menegaskan, Zipmex akan menanggung seluruh pajak yang timbul atas berbagai transaksi terkait investasi aset kripto. Mulai dari transaksi jual beli (trading), penarikan atau pemindahan aset kripto antar-wallet (withdrawal), hingga pendistribusian bonus aset kripto (airdrop).

“Pengguna akan tetap dikenakan biaya pajak seperti yang telah diatur dalam undang-undang, namun biaya pajak tersebut akan ditanggung oleh Zipmex. Zipmex akan menyetorkan pajak atas investasi aset kripto pengguna kepada negara,” tegas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com