Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bulan Bisnis Jalan Tol, Jasa Marga Sudah Untung Rp 392 Miliar

Kompas.com - 14/05/2022, 22:19 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencetak laba bersih pada kuartal pertama tahun ini sebesar Rp 392,8 miliar naik 142,7 persen atau Rp 231 miliar dibandingkan periode yang sama 2021.

"Jasa Marga mampu membuka kuartal pertama tahun 2022 dengan kinerja yang sangat positif di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dilansir dari Antara, Sabtu (14/5/2022).

BUMN itu mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 3,2 triliun atau tumbuh 16 persen yang merupakan kontribusi dari kinerja pendapatan tol Rp 2,9 triliun yang naik 15,7 persen dan kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp 257,8 miliar atau naik 9,6 persen dari periode yang sama tahun 2021.

"Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan adanya peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas perseroan," kata dia.

Baca juga: One Way Sepanjang Tol Semarang-Jakarta, Jasa Marga: Kami Mohon Maaf

"Tidak hanya itu, Perseroan pada kuartal ini juga mampu merealisasikan pertumbuhan EBITDA sebesar 12,7 persen atau tercatat sebesar Rp2,2 triliun, dimana EBITDA margin mencapai 68,1 persen," katanya lagi.

Hingga kuartal I 2022 Jasa Marga menambah jalan tol operasi dengan pengoperasian Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,42 km.

Pengoperasian dari seksi akhir Tol Manado-Bitung ini melengkapi ruas yang lebih dulu dioperasikan pada September 2020 yaitu Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 km.

Selain itu pada Januari 2022 konsorsium Jasa Marga melalui PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Konsorsium BUMN-swasta pemenang lelang pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) jalan tol tersebut.

Baca juga: 2 Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BRI

Dengan total panjang 206,65 km, menjadikan ruas ini sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia, dengan investasi Rp 56 triliun dan masa konsesi 40 tahun.

Dengan bertambahnya panjang jalan tol operasi dan konsesi pada kuartal I 2022 Jasa Marga masih memegang posisi pemimpin pasar jalan tol dengan angka 1.260 km atau 51 persen dari total jalan tol yang beroperasi di Indonesia. Sedangkan total konsesi jalan tolnya hingga akhir tahun 2021 mencapai 1.809 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com