Mentan SYL Ajak Saudagar Bugis Bangun Sektor Pertanian

Kompas.com - 16/05/2022, 15:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak pengusaha lokal atau saudagar Bugis untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan pertanian nasional.

Menurutnya, pertanian adalah sektor strategis yang mampu menggerakan roda perekonomian Indonesia dari hulu ke hilir.

Sebagai catatan, kata Mentan SYL, sektor pertanian mengalami pertumbuhan tinggi, yakni sebesar 16,24 persen pada kuartal II/2020. Disisi lain, produksi dalam negeri terus meningkat dan ekspor nasional terus melesat.

Baca juga: Mentan: Daging Ternak yang Kena PMK Masih Bisa Dimakan, Jeroan Tak Bisa Dikonsumsi

"Alhamdulillah selama ini stok pangan kita cukup dan tidak ada impor yang dilakukan selama tiga tahun terakhir. Bagi saya, orang Bugis itu hebat dan memiliki kekuatan yang luar biasa. Karena itu saya mengajak untuk turut serta dalam membangun sektor pertanian ini," ujarnya dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Senin (16/5/2022).

Mentan SYL mengatakan, saat ini pertanian memiliki anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang cukup besar. Jumlahnya mencapai kurang lebih Rp 80 triliun. Uang sebesar itu sudah dikelola untuk kepentingan pembangunan usaha tani.

"Maka itu saya berharap dari teman-teman pengusaha bisa turut serta membangun dan meningkatkan kesejahteraan petani kita melalui layanan KUR," katanya.

Sebelumnya, Mentan SYL menemui para petani di Desa Kayuloe Timur, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Di sana, SYL menggelar penanaman padi IP300 serta penanaman jagung varietas unggul pertiwi 2 dengan hasil panen Rata-rata 7,8 ton per hektar.

Baca juga: Mentan SYL: Sudah 3 Tahun Tidak Ada Impor Beras, Bukti Kinerja Pertanian Meningkat

Menurutnya, penanaman padi dan jagung di Jeneponto adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi nasional untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor.

Apalagi kata Mentan, Jeneponto adalah wilayah subur yang bisa dijadikan sebagai daerah percontohan penanaman IP300.

"Jeneponto adalah daerah yang luar biasa dan pertanian itu jawaban dari hadirnya kehidupan yang harus lebih baik," tutup Mentan SYL.

Baca juga: Mentan SYL: Penyakit Mulut dan Kuku yang Menyerang Hewan Tidak Menular ke Manusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.