Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiri Changi Aviation Summit 2022, Menhub Akan Bahas Kebangkitan Industri Penerbangan Indonesia

Kompas.com - 17/05/2022, 09:04 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini akan menghadiri kegiatan Changi Aviation Summit 2022 yang berlangsung di Singapura pada 17-18 Mei 2022.

Kegiatan Changi Aviation Summit ini menjadi ajang pertemuan perdana sektor penerbangan yang dilakukan secara tatap muka selama pandemi Covid-19.

Pada pertemuan tersebut, Menhub akan membahas upaya pemulihan industri penerbangan Indonesia yang berkelanjutan dan inklusif selama mudik Lebaran 2022.

“Besok kami akan berbagi cerita dengan sejumlah negara mengenai upaya pemulihan industri penerbangan nasional yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya yang akan kami ceritakan yaitu momentum mudik tahun ini yang menjadi titik kebangkitan industri penerbangan dan ekonomi Indonesia,” ucap Menhub dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Baca juga: Menhub Lantik 3 Eselon I, Dirjen Udara Jadi Sekretaris Jenderal

Dia mengatakan, pada periode mudik Lebaran 2022 maskapai Indonesia kekurangan armada pesawat yang beroperasi. Namun, maskapai tetap mampu mengoptimalkan pergerakannya sehingga lonjakan penumpang yang terjadi tetap dapat terlayani dengan baik.

Bahkan, jumlah pergerakan pesawat dan penumpang di masa mudik tahun ini menembus angka tertinggi selama pandemi Covid-19 dan hampir mendekati masa sebelum pandemi tahun 2019.

“Ini menunjukkan penerbangan dalam negeri sudah mulai tumbuh,” kata dia.

Pada hari ini, Menhub dijadwalkan akan menghadiri sesi pembukaan pertemuan tingkat tinggi dengan menjadi panelis diskusi bertema "Reviving Aviation Rebuilding Connection".

Adapun sejumlah panelis yang akan hadir yaitu Menteri Transportasi Malaysia Wee Ka Siong, CEO Singapore Airlines Goh Choon Pong, CEO Narita Airport Akihiro Tamura, Dirjen Mobilitas dan Transportasi Komisi Uni Eropa Henrik Hololei, serta perwakilan dari Federal Aviation Administration (FAA).

Setelah itu, Menhub juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pihak, di antaranya dengan pimpinan perusahaan pesawat dunia, seperti Boeing serta pertemuan dengan Dirjen Transportasi dan Mobilitas Komisi Uni Eropa.

Kegiatan Changi Aviation Summit 2022 diselenggarakan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura atau Civil Aviation Authority Singapore (CAAS) dan Kementerian Transportasi Singapura.

Kegiatan tahunan ini akan dihadiri oleh berbagai unsur, mulai dari pemerintah dari sekitar 45 negara dan dihadiri oleh sejumlah otoritas penerbangan internasional, dan pelaku industri penerbangan, seperti operator bandara, maskapai penerbangan, pabrikan pesawat, serta unsur terkait lainnya.

Turut hadir dalam kunjungan Menhub ke Singapura, Sekretaris Jenderal sekaligus Plt. Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Stafsus Menhub Bidang SDM dan Kehumasan/Jubir Kemenhub Adita Irawati, dan sejumlah jajaran Kemenhub.

Baca juga: Airnav: Jumlah Penerbangan Selama Mudik Lebaran 2022 Melonjak 252 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com