Airnav: Jumlah Penerbangan Selama Mudik Lebaran 2022 Melonjak 252 Persen

Kompas.com - 13/05/2022, 12:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - AirNav Indonesia mencatatkan jumlah pergerakan pesawat selama periode mudik Lebaran 2022 sekitar 58.000 penerbangan.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, jumlah tersebut meningkat signifikan sebesar 252 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Secara harian, puncak peningkatan jumlah pergerakan traffic yang tercatat mencapai 680 persen yang terjadi pada 2 Mei 2022 atau hari H Lebaran.

Menurut dia, peningkatan penerbangan ini menjadi stimulus positif kebangkitan industri penerbangan di Indonesia setelah 2 tahun sebelumnya terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Cetak Rekor, Bandara Soekarno-Hatta Tembus 1.130 Penerbangan pada Puncak Arus Balik

"Meskipun ada pengaruh besar dari adanya lonjakan jumlah penerbangan yang memang sudah diprediksi sebelumnya akibat diperbolehkannya masyarakat melakukan perjalanan mudik," ujarnya dalam keterangan tertulis saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Dia menyebutkan, setelah 2 tahun industri penerbangan terdampak pandemi, pelaksanaan mudik Lebaran 2022 menjadi kegiatan tersibuk bagi AirNav dalam mengatur lalu lintas penerbangan.

"Tahun ini merupakan tahun yang cukup spesial bagi kami. Karena selama pandemi Covid-19 berlangsung, inilah tahun tersibuk bagi kami," ucapnya.

AirNav selama periode tersebut menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya, aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau, di mana status gunung api tersebut ditingkatkan oleh dari level Waspada menjadi Siaga pada 24 April lalu.

Meskipun tidak ada operasional penerbangan yang terdampak oleh kondisi tersebut, namun AirNav tetap menyiapkan contingency plan dan simulasi pengaturan operasional penerbangan, termasuk dengan skema pengalihan rute untuk mengantisipasi adanya gangguan sewaktu-waktu.

Kemudian, selama periode mudik Lebaran 2022, AirNav mendapatkan laporan balon udara liar yang diterbangkan secara bebas di sejumlah daerah di pulau Jawa. Kejadian ini memang kerap terjadi setiap perayaan Lebaran sejak 2015 lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.