Belajar dari Terra Luna, Investor Jangan Terlalu Bergantung kepada Kripto

Kompas.com - 17/05/2022, 18:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar aset kripto belakangan menjadi sorotan banyak pihak, seiring dengan tren penurunan harga berbagai jenis aset digital tersebut.

Kapitalisasi pasar aset kripto bahkan telah tergerus sekitar 700 miliar dollar AS setelah sempat mencapai level 2 triliun dollar AS pada awal April kemarin.

Salah satu jenis kripto yang menjadi pembahasan banyak orang ialah Terra Luna.

Baca juga: Bitcoin, Dogecoin, dan Ethereum Masih Lesu, Cek Harga Kripto Hari Ini

Bagaimana tidak, setelah sempat mencapai level 119,18 dollar AS per keping pada awal April, saat ini Terra Luna hanya diperdagangkan di level 0,00018 dollar AS atau setara Rp 2,6 per keping.

Praktisi investasi Desmond Wira mengatakan, kripto memang identik dengan volatilitas dan risiko sangat tinggi, di mana penurunan harga secara signifikan sudah kerap terjadi kepada kripto dengan kapitalisasi pasar rendah.

"Sekarang menjadi menarik karena terjadi pada koin kripto yang kapitalisasi pasarnya sangat besar," ujar dia, kepada Kompas.com (17/5/2022).

Asal tahu saja, pada April kemarin Terra Luna sempat masuk ke dalam daftar 10 kripto terbesar, dengan kapitalisasi pasar sebesar 40 miliar dollar AS, namun sekarang hanya menyisakan 1,2 miliar dollar AS.

"Walaupun termasuk kripto dengan nilai pasar sangat besar, kejatuhan wajar saja terjadi, apa lagi kalau developernya gagal menjaga peg stablecoinnya dan akhirnya membanjiri pasar dengan supply coin sangat besar," tutur Desmond.

Baca juga: RI Jadi Magnet Kripto Baru, 15 Negara Rembuk di Bali

Investor Disarankan Tidak Bergantung dengan Kripto

Belajar dari anjloknya Terra Luna yang membuat banyak investor merugi, Desmond bilang, calon investor atau investor perlu berpikir ulang sebelum menempatkan dananya di aset kripto.

"Terutama investor yang sangat bergantung atau memiliki porsi sangat besar pada kripto tersebut," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.