Mencari Rezeki Tanpa Polusi dengan Sunyi Bunyi Motor Listrik

Kompas.com - 20/05/2022, 15:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- "Jauh lebih murah saya pakai molis (motor listrik), per bulan saya bisa menghemat Rp 500.000-600.000 sejak pakai molis."

Ismail (40) mitra driver ojek online (ojol) yang beratribut Gojek menceritakan, selisih biaya ngebid (mencari orderan) dengan motor listrik lumayan besar dengan motor bensin.

Selain itu, tak seperti sepeda motor ber-BBM dengan deru mesin dan knalpot, motor listrik yang dipakainya sunyi, nyaris tak berbunyi, sehingga mengurangi dua polusi sekaligus: udara dan suara.

Baca juga: Potensi Energi Terbarukan Indonesia Melimpah, Mampu Penuhi Seluruh Kebutuhan Energi

Ia menggunakan motor listrik Gojek bermerek Gogoro sejak Desember 2021, setelah beralih dari sepeda motor konvensional yang dipakai sebelumnya.

Tarif sewa motor listrik Gojek Rp 40.000 per hari, tidak jauh berbeda dengan pemakaian BBM Rp 45.000 sehari (saat Pertamax masih Rp 9.600/liter), tetapi itu belum termasuk servis berkala dan ganti oli setiap dua minggu sekali.

"Dengan pakai molis (motor listrik), saya sewa merek Gogoro Rp 40.000/hari, gratis swap baterai dan perawatan (ditanggung pihak Gojek)," ungkapnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

"Molis yang saya gunakan, driver tidak melakukan pengecharge-an mandiri, Gojek bekerja sama dengan Pertamina menyediakan swapping station. Saat baterai mau habis saya cukup menukarnya dengan yang sudah full (penuh) di SPBU. Kurang dari satu menit prosesnya"

"Keuntungannya, irit dan saya bisa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung. Selisih dengan motor bensin besar sekali mas," imbuhnya.

Baca juga: Ini Alasan Dibalik Motor Listrik Gojek Disewakan kepada Mitra Driver

Lebih lanjut Ismail menjelaskan, sekali ganti baterai rata-rata bisa menempuh perjalanan 100-an kilometer.

Selama memakai motor listrik Ismail mengaku tidak pernah mengalami kendala serius. Terkadang shock breaker berbunyi dan ternyata ada setelannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.