Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Minyak Goreng Curah Rp 14.000 Per Liter Masih Sulit Ditemukan? Ini Jawaban Kemenperin

Kompas.com - 25/05/2022, 06:29 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi VII DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Ditjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) beserta pelaku usaha minyak goreng terkait penjelasan mengenai tata kelola industri dan minyak goreng.

Dalam rapat itu, pimpinan rapat Komisi VII Maman Abdurrahman mempertanyakan kepada Kemenperin mengapa minyak goreng curah sesuai Harga Eceren Tertinggi (HET) tidak ditemukan di pasaran.

Padahal, pemerintah mengeklaim sudah menyalurkan minyak goreng sesuai HET.

"Pertanyaan satu harga itu sesuai HET, kenapa enggak ketemu minyak goreng curah sesuai HET itu?" kata Maman dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Kemenperin Sebut Subsidi Minyak Goreng Curah Bakal Dicabut Mulai 31 Mei 2022

Menjawab pertanyaan tersebut, Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan, ada oknum-oknum pedagang yang memanfaatkan situasi.

Menurut Putu, pemerintah telah berupaya untuk menyosialisasikan minyak goreng curah dengan harga Rp 14.000 per liter melalui pemasangan spanduk. Namun, dia menyebutkan, masyarakat belum percaya minyak goreng curah sesuai HET itu ada.

"Kami melakukan langkah-langkah untuk HET terjaga salah satunya memasang spanduk bahwa ini minyak goreng curah bersubsidi atau minyak goreng curah HET. Itu sudah kami lakukan. Tetapi dalam praktiknya, masyarakat belum confident bahwa minyak itu ada," kata  Putu.

Menurut Putu, ketidakpercayaan masyarakat itu dimanfaatkan pedagang untuk menjual minyak goreng curah di atas Rp 14.000 per liter.

Baca juga: Bisakah Luhut Atasi Permasalahan Minyak Goreng di RI dalam 2 Minggu?

"Itu dijadikan kesempatan oleh pedagang, 'Kalau memang bisa dibeli Rp 17.000 per liter kenapa harus jual Rp 14.000 per liter?'. Itu yang terjadi pada saat hari raya keagamaan," kata dia.

Selain itu, kata dia, minyak goreng curah Rp 14.000 per liter sulit ditemukan karena sebelumnya penegak hukum tidak sekeras saat ini dalam mengamankan distribusi minyak goreng.

Putu mengeklaim bahwa distribusi minyak goreng curah Rp 14.000 per liter sudah berjalan baik saat ini.

"Pada saat itu penegak hukum tidak sekeras saat ini sampai ke depan, di mana kita sudah bisa menjaga suplai continue stoknya ada di sebelah distributor dan pengecer agar bisa mengembalikan confident pasar," kata dia.

Baca juga: Jokowi Minta Luhut Bantu Urus Minyak Goreng, Ini Kata Kemendag

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com