Mencermati Lonjakan Utang Indonesia ke China dari Tahun ke Tahun

Kompas.com - 27/05/2022, 12:43 WIB


KOMPAS.com – Utang Indonesia ke China terus mengalami kenaikan, berdasarkan data utang Indonesia dari tahun ke tahun.

Statistik Utang Luar Negeri Indonesia Vol XVI Mei 2022 yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkap data tersebut.

Berdasarkan data terbaru hingga Maret 2022, China berada pada urutan ke-4 pada daftar negara pemberi utang terbesar ke Indonesia.

Baca juga: Daftar Negara Pemberi Utang ke Indonesia, Singapura Juaranya

Dikutip pada Jumat (27/5/2022), posisi utang luar negeri Indonesia pada akhir triwulan I 2022 tercatat sebesar 411,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 6.033 triliun (kurs Rp 14.661 per dollar AS).

Dari jumlah tersebut, utang Indonesia ke China tercatat sebesar 22 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 322 triliun dengan asumsi nilai tukar yang sama.

Sejak era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), China selalu menjadi salah satu negara pemberi utang terbesar ke Indonesia.

Baca juga: Mengapa Negara Harus Berutang?

Utang Indonesia ke China sebelum era Jokowi

Utang luar negeri Indonesia dari China pada tahun 2011 tercatat sebesar 3,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 33,3 triliun (kurs Rp 9.000 per dollar AS) sesuai dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang berlaku pada saat itu.

Utang Indonesia ke China sebelum era Jokowi juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, meski tidak begitu signifikan.

Pada 2012, angkanya naik menjadi 5 miliar dollar AS, lalu pada 2013 jadi 6,1 miliar dollar AS, dan pada 2014 mencapai 7,8 miliar dollar AS.\

Baca juga: Bukan Cuma Pinjaman Luar Negeri, Ini Jenis-jenis Utang Negara

Utang Indonesia di era Jokowi

Pada era Presiden Jokowi, tepatnya pada tahun 2015, utang Indonesia ke China melonjak hampir dua kali lipat, dari 7,8 miliar dollar AS di 2014 menjadi 13,6 miliar dollar AS pada 2015.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.