Kompas.com - 27/05/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Komunikasi Ibu Kota Negara (IKN) Sidik Pramono memastikan pembangunan IKN Nusantara akan tetap sesuai rencana pada semester II tahun ini.

Namun, Sidik tak menyebutkan secara pasti bulan pelaksanaan pembangunannya pada tahun ini. Yang jelas kata dia, tahapan proses sebelum memulai pembangunan telah berjalan.

"Insya Allah, kan persiapannya sudah berjalan juga, sayembara (desain) sudah untuk pembangunannya. Insya Allah on schedule (semester II 2022)," katanya dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Bos Semen Indonesia Sebut Proyek IKN Nusantara Berpotensi Serap 21 Juta Ton Semen

Pakai dana APBN dulu

Pada tahun ini, untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara, sementara menggunakan Anggaran Pemerintah Belanja Negara (APBN). Alasan Sidik, karena pembangunan tersebut masih tahap awal

"Karena ini infrastruktur dasar ya memang APBN jad prioritas dulu saat ini. Seperti Istana Kepresidenan kan pakai APBN," ujarnya.

Baca juga: IKN Ditawarkan Dalam Pertemuan WEF, Bahlil: Kalau Minat Investasi Ada, Tapi Eksekusinya Belum

Cari investor di Davos, Swiss

Mengenai ketertarikan investor terhadap Mega proyek IKN, lanjutnya, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono kini diketahui berada di Davos, Swiss.

Mengikuti World Economic Forum (WEF) menawarkan serta menjelaskan kepada para CEO yang hadir dalam acara tersebut.

"Pak Bambang (Kepala Otorita) ada di World Economic Forum, Davos, sudah ketemu dengan para investor menjelaskan tentang IKN. Kita semua bergerak memastikan program ini berjalan sesuai rencana," kata Sidik.

Baca juga: Bertemu Presiden WEF, Pemerintah RI Bahas Pencabutan Larangan Ekspor CPO hingga IKN

Pembangunan IKN pertengahan 2022

Dikutip dari Kompas.com (17/2/2022), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan IKN akan dimulai pada pertengahan tahun 2022.

"Untuk pembangunan IKN Kita akan mulai di Semester II Tahun 2022, Kami harap pelaksaannya bisa dikerjakan dengan baik dan secara gotong royong. IKN bukan hanya pemindahan fisik, tetapi juga memindahkan pola kerja yang baru," kata Basuki dalam Rakorbangwil Tahun 2022 di Jakarta.

Baca juga: Kata Luhut, Saudi Bakal Siapkan Banyak Duit untuk Investasi di IKN

3 rencana pembangunan IKN

Kemudian, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan bahwa pembangunan IKN Nusantara akan terbagi menjadi tiga wilayah perencanaan.

Pertama, Kawasan Pengembangan IKN atau KP IKN dengan luas wilayah 199.962 hektar, Kedua, Kawasan IKN atau K-IKN dengan luas wilayah 56.180 hektar dan Ketiga, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP yang merupakan bagian dari K-IKN dengan luas wilayah 6.671 hektar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.