Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Full Cashless, Ini Cara Beli Tiket Kapal Jepara–Karimunjawa 2022

Kompas.com - 28/05/2022, 19:37 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Pembelian tiket kapal Jepara-Karimunjawa 2022 kini hanya bisa dilakukan dengan metode pembayaran non-tunai alias cashless.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menerapkan cara beli tiket kapal ke Karimunjawa dan sebaliknya secara non-tunai bagi penumpang yang menyeberang melalui Jepara.

Pembayaran tiket kapal ferry non-tunai berlaku penuh di Pelabuhan Jepara dan Pelabuhan Karimunjawa, Jawa Tengah, mulai Kamis, 26 Mei 2022.

Baca juga: Ini Syarat Penyeberangan Kapal Ferry di Jawa-Bali Mulai 9 Maret 2022

Artinya, cara beli tiket kapal Karimunjawa kini tidak bisa dilakukan dengan menggunakan uang tunai. Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyampaikan penjelasan terkait hal ini.

"Pengguna jasa di Jepara dan Karimunjawa kini dapat memanfaatkan channel pembayaran non-tunai baik melalui Virtual Account (VA), kartu prepaid, dan layanan dompet elektronik,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Sabtu (28/5/2022).

Melalui penerapan digitalisasi dalam transaksi pembayaran, ASDP ingin meningkatkan customer experience para pengguna jasa. Dimana dalam tiga tahun terakhir, masyarakat semakin melek dengan perubahan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

“Tahun ini, targetnya 17 pelabuhan, dan dengan implementasi di Pelabuhan Jepara dan Karimun Jawa, maka sudah terealisasi 10 pelabuhan atau sudah mencapai 59 persen dari target tahun ini," jelas Shelvy.

Baca juga: Update Syarat Naik Kereta Api 2022 untuk Orang Dewasa dan Anak-anak

Dari 17 Pelabuhan yang ditargetkan menerapkan pembayaran cashless tahun ini sudah terlaksana di 10 Pelabuhan yakni Bira dan Pamatata (Selayar), Pelabuhan Jepara dan Karimun Jawa (Jepara), Pelabuhan Batulicin dan Tanjung Serdang (Batulicin), Pelabuhan Bajoe dan Kolaka (Bajoe), Pelabuhan Sape dan Labuan Bajo (Sape).

Sedangkan 7 pelabuhan yang akan menyusul adalah Pelabuhan Tanjung Kalian (Bangka), Pelabuhan Hunimua, Waipirit, Galala dan Namlea (Ambon), Pelabuhan Pagimana (Luwuk), dan Pelabuhan Mamuju (Balikpapan).

Pilihan cara beli tiket kapal ke Karimunjawa

Tiket kapal Jepara-Karimunjawa 2022 bisa dibeli dengan beberapa opsi pembayaran. Cara beli tiket kapal Karimunjawa yang diterapkan ASDP terdiri dari payment link melalui opsi metode pembayaran dengan Virtual Account.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com