Kompas.com - 10/06/2022, 20:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Hasil seleksi TKD dan Core Values Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2022 telah diumumkan sejak Kamis, (10/6/2022) pukul 21.00 WIB. Total ada 50 BUMN yang akan mengumumkan hasil seleksi secara bertahap.

Pengumuman tahap Rekrutmen Bersama BUMN 2022 ini dapat diakses secara online melalui laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi, akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Tes Kemampuan Bidang (TKN), wawancara, dan Medical Check Up (MCU) TKB, Wawancara, dan MCU yang akan dilaksanakan pada 12-25 Juni 2022.

Baca juga: Mentan SYL Inspeksi Kedatangan Kapal Ternak di Pelabuhan Tanjung Priok

Lalu bagaimana cara cek hasil seleksi TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama FHCI BUMN?

Cara cek hasil seleksi TKD Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Peserta yang ingin melihat hasil seleksi TKD dan Core Value BUMN, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/
  • Klik "Login" yang tertera di bagian kanan atas halaman.
  • Masukkan email dan password akun Anda lalu klik "Login Now"
  • Setelah masuk ke akun Anda, klik pada menu "Lamaran Saya"
  • Pada halaman ‘Lamaran Saya’, akan tersaji informasi tahapan yang sudah Anda lalui.

Selain dengan cara di atas, pihak rekruiter BUMN juga akan mengirimkan pemberitahuan melalui email masing-masing peserta, sebelum atau selama periode pengumuman ditayangkan.

Jika Anda dinyatakan lolos seleksi TKD dan Core Values BUMN, akan ada undangan resmi untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

Baca juga: Harga Batu Bara Naik, Jokowi Sebut Ketua Umum Hipmi hingga Aburizal Bakrie Senang

Jadwal Rekrutmen Bersama FHCI BUMN

  • 14-25 April 2022: Registrasi Online dan Seleksi Administrasi
  • 9-11 Mei 2022: Pengumuman Registrasi Online dan Seleksi Administrasi
  • 17 Mei - 27 Mei 2022: Pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN
  • 8 Juni - 10 Juni 2022: Pengumuman TKD dan Core Values BUMN
  • 12 Juni - 25 Juni 2022: Pelaksanaan Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara dan MCU yang dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN
  • 4 Juli 2022: Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN
  • 11 Juli 2022: Bela Negara
  • 18 Juli 2022: Inagurasi

Baca juga: Intip Cerita 3 UMKM Indonesia yang Mejeng di Department Store Paris

TKB, Wawancara dan MCU

Sebagai informasi, Tes Kemampuan Bidang (TKB) bertujuan menguji wawasan calon pegawai BUMN seputar bidang yang akan ia jalani dan juga tes bidang lain yang penting bagi jabatannya.

Nantinya, akan ada penguji yang menentukan kualifikasi dan kemampuan serta membandingkannya dengan formasi BUMN yang dituju.

Sehingga, tes ini akan menjadi lebih spesifik pada jabatan yang dilamar peserta.
Sebagai gambaran apa itu tes TKB, berikut ini penjelasan TKB dalam Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-03/MBU/2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian BUMN.

  1. Tes penugasan dimaksudkan untuk menilai kemampuan dan/atau keterampilan peserta ujian sesuai dengan tuntutan jabatan yang dilamar.
  2. Assessment psikologi dimaksudkan untuk menilai soft competencies peserta ujian sesuai dengan kamus kompetensi dan nilai-nilai Kementerian BUMN.
  3. Tes kesehatan (MCU) dimaksudkan untuk menilai tingkat kesehatan peserta ujian dalam menjalankan tugas-tugas jabatan yang dilamar.
  4. Wawancara dimaksudkan untuk menggali hal-hal spesifik yang terabaikan dalam pengukuran tes-tes sebelumnya dan/atau mendalami hasil pengukuran tes-tes sebelumnya.

Baca juga: Syarat Perpanjang SKCK Terbaru, Tata Cara dan Biayanya

Nah, itulah informasi seputar cara cek hasil seleksi TKD dan Core Valus Rekrutmen Bersama BUMN serta link resmi yang dapat diakses peserta. Informasi lengkap mengenai Rekrutmen Bersama FHCI BUMN 2022 bisa Anda lihat di https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/

Jadwal pengumuman Tahap 2: TKD dan Core Values BUMN 2022Instagram/fhci.bumn Jadwal pengumuman Tahap 2: TKD dan Core Values BUMN 2022

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.