Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Belanja Kuartal I-2022, Tokopedia: Travel dan Entertainment Naik Dua Kali Lipat

Kompas.com - 15/06/2022, 11:11 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - E-Commerce Tokopedia mencatat tren belanja pada Kuartal I-2022 dibanjiri oleh produk-produk travel dan entertainment.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel menjadi beberapa kategori yang banyak diburu masyarakat.

"Pada kuartal I 2022, terdapat peningkatan hampir dua kali lipat pada transaksi lewat fitur Travel di Tokopedia dengan keberangkatan dari Jakarta dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” kata dia dalam keterangan resmi dikutip Kompas.com, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Cara Mengajukan Pengembalian Barang Tokopedia jika Tak Sesuai Pesanan

Ia menjelaskan, tingginya animo masyarakat dalam melakukan perjalanan atau traveling ini terjadi di berbagai daerah, termasuk di Jakarta.

Menurut data yang ia miliki, destinasi seperti, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Pontianak menjadi beberapa destinasi yang banyak dikunjungi masyarakat menggunakan pesawat.

Sementara, kota Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang dan Bandung adalah beberapa destinasi yang kerap dikunjungi menggunakan kereta api.

Selain itu, Ekhel memerinci, kota Medan, Denpasar, Surabaya, Pontianak dan Pekanbaru merupakan beberapa destinasi yang banyak dikunjungi menggunakan pesawat dari Jakarta.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Omzet Jualan Online di Tokopedia

Sedangkan, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Purwokerto menjadi destinasi yang sering dikunjungi menggunakan kereta api dari Jakarta.

Guna memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan layanan dan produk untuk perjalanan, Ekhel bilang, Tokopedia menghadirkan kampanye Anak Jalan Indonesia khusus promo libur sekolah hingga 31 Juli 2022.

Layanan ini menyediakan tiket pesawat, tiket kereta api, hotel dan lainnya dengan berbagai promo menarik.

“Tokopedia akan terus berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk kebutuhan akan traveling. Kami juga terus mengimbau masyarakat Indonesia untuk selalu menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan,” tutup Ekhel.

Baca juga: Kartu Kredit Tokopedia Card, Apa Saja Keunggulannya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com